Android 15 bakal menghadirkan peningkatan baterai saat standby, bisa menyamai iPhone

Advertisement

Techno.id - Android 15 Beta 2 yang dirilis minggu ini, memberikan gambaran tentang versi stabil yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Dari berbagai fitur yang ada, Android 15 juga akan menghadirkan peningkatan baterai, terutama saat standby. Ini berkat beberapa peningkatan baru yang dilakukan pada Mode Doze Android, yang pertama kali diperkenalkan dengan Android 6.0 Marshmallow.

Seperti dilaporkan Android Authority, pakar Android Mishaal Rahman baru-baru ini berbicara dengan Wakil Presiden Teknik Google untuk Android, Dave Burke, dan Presiden Ekosistem Android, Sameer Samat, selama acara Konferensi Pengembang I/O. Obrolan mereka berkisar seputar pengungkapan Google baru-baru ini bahwa Wear OS 5 akan menggunakan daya baterai 20% lebih sedikit daripada Wear OS 4.

Sederhananya, Wear OS 5 akan menjadi lebih pintar dalam menjalankan tugas di latar belakang, dengan jam tangan pintar melakukan sebagian besar aktivitas di latar belakang saat jam tangan sedang diisi dayanya daripada saat berada di pergelangan tangan pengguna.

foto: google

Menindaklanjuti komentar Samat, Burke berbicara tentang peningkatan hemat daya secara umum yang akan hadir di Android 15. Menurut Burke, peningkatan internal di Android 15 akan membuat perangkat memasuki mode tertidur 50% lebih cepat daripada di Android 14.

Ini berarti waktu siaga yang jauh lebih baik daripada ponsel cerdas Android saat ini. Artinya peningkatan ini berpotensi menyamai iPhone yang memiliki waktu siaga sangat baik berkat pengoptimalan iOS. Nah berkat peningkatan di Android 15 ini, perangkat Android dapat menambah waktu siaga hingga tiga jam, berdasarkan pengujian yang dilakukan Google.

Peningkatan waktu siaga ini bisa menjadi pengubah permainan bagi pengguna Android, mengingat akan tersedia untuk semua perangkat yang dapat menjalankan Android 15.

 

Advertisement


(brl/red)