Android 15 versi beta publik kedua telah dirilis, hadir di lebih banyak ponsel

Advertisement

Techno.id - Bersamaan dengan gelaran ajang tahunan I/O 2024, Google merilis versi beta publik kedua Android 15. Meskipun ada sejumlah peningkatan fitur dan teknis, perbedaan terbesar dibanding versi beta pertama adalah dukungan untuk ponsel dan tablet yang lebih luas, melampaui perangkat Google Pixel. Dukungan tersebut termasuk produk dari Honor, iQOO, Lenovo, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Tecno, vivo, dan Xiaomi. Rilis final Android 15 dijadwalkan pada Oktober mendatang.

Apa yang baru di Android 15 beta 2?

foto: google

Banyak perubahan dan penambahan fitur baru. Misalnya keberadaan ruang pribadi yang memungkinkan pengguna menjaga koleksi aplikasi dan file mereka di bawah lapisan autentikasi terpisah. Aplikasi ini dijeda dan tidak terlihat oleh Android lainnya hingga kamu membukanya. Implementasi Beta 2 awal memiliki beberapa masalah dengan aplikasi di layar beranda.

Lalu ada juga multitasking layar lebar yang lebih baik di mana pengguna dapat menyimpan kombinasi aplikasi layar terpisah untuk akses yang lebih cepat, dan menyematkan bilah tugas di layar.

Selain itu ada juga manajemen aplikasi latar depan yang lebih hemat daya, decoding perangkat lunak yang lebih cepat dan lebih efisien untuk video AV1. Kemudian ada juga fitur ANGLE, sebagai lapisan opsional untuk menjalankan OpenGL ES di atas Vulkan graphics API. Pindah ke ANGLE seharusnya menstandarisasi implementasi OpenGL Android untuk meningkatkan kompatibilitas dan kinerja yang lebih baik.

Fitur lainnya adalah pratinjau widget yang lebih kaya yang dapat menyertakan konten yang dipersonalisasi. Kemudian tipe data baru untuk Health Connect yaitu suhu kulit dan rencana pelatihan.

Lalu ada opsi font baru, termasuk bentuk variabel CJK (China, Jepang, dan Korea) yang memungkinkan teks lebih bergaya. Banyak peningkatan efisiensi dan keamanan lainnya, seperti pemeriksaan izin untuk URI konten.

Ruang pribadi

Dari sederet fitur pembaruan tersebut, “Ruang Pribadi” menjadi salah satu fitur baru yang cukup keren dan menarik. Fungsi ruang pribadi yang baru ini dapat menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilihat orang lain ke dalam wadah biometrik atau yang dilindungi PIN di laci aplikasi. Ini adalah salah satu dari beberapa fitur keamanan baru yang hadir di Android. 

Ruang pribadi memanfaatkan profil pengguna Android, sehingga aplikasi yang kamu tempatkan di ruang pribadi juga menyembunyikan pemberitahuan untuk aplikasi dan file yang dibuat atau diunduh di dalamnya. Tapi, jangan untuk menyimpan aplikasi kencan ya!

Advertisement


(brl/red)