Apa kesulitan developer lokal untuk kembangkan m-commerce?
Techno.id - Tren bisnis online melalui perangkat seluler diprediksi akan terus menanjak. Bahkan, tren yang biasa dikenal dengan istilah m-commerce itu dikatakan akan mencapai momen emasnya tahun ini.
-
Apa saja sih faktor pendorong pertumbuhan m-commerce? Menurut Kun Arief Cahyantoro, pengamat e-commerce, ada tiga faktor yang berperan.
-
Transaksi mobile di Asia Tenggara kian populer Criteo, perusahaan teknologi performance marketing menilai bahwa m-commerce dan e-commerce di Asia Tenggara sedang yang terbesar di dunia
-
Berkat smartphone, budaya belanja online bakal merakyat Aktivitas online shopping saat ini masih satu persen, tetapi bisa melonjak hingga 10 persen.
Namun sebenarnya, developer turut berperan dalam maju atau tidaknya sektor m-commerce Indonesia. Menanggapi hal ini Narenda Wicaksono, CEO Dicoding Indonesia, menyakini developer lokal sudah punya bekal yang bagus.
"Talenta dan kualitas yang dimiliki oleh para developer Indonesia tidak kalah dengan developer lainnya di Asia Tenggara. Hal tersebut dikarenakan mereka sudah mulai memahami pasar di Indonesia sehingga aplikasi yang diciptakan dapat mengakomodasi kebutuhan pasar."
Akan tetapi, ia juga membeberkan tantangan yang wajib dihadapi para pengembang Tanah Air.
"Namun, perkembangan teknologi yang dinamis bisa membuat para developer kesulitan memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Karena itu, mereka perlu mengantisipasi munculnya teknologi terbaru dalam melakukan transaksi jual-beli secara online," terangnya seperti dikutip dari rilis yang diterbitkan Lazada (22/02/16).
Di sisi lain, Kun Arief Cahyantoro, pengamat e-commerce, memprediksi pertumbuhan aplikasi mobile dapat mencapai 45 persen tahun ini asalkan faktor pendukungnya dilibatkan. Faktor itu antara lain: inovasi teknologi, perkembangan bisnis, serta peningkatan fasilitas keamanan.
BACA JUGA :
- Orang Indonesia ternyata suka install banyak aplikasi belanja online
- Rupa-rupa marketplace Bhinneka.com, dari barang BM sampai kanibalisasi
- OLX dan Rumah Harapan tanamkan mindset donasi tak melulu soal uang
- Baru diperkenalkan, Orami sukses jaring investasi Rp 202 miliar
- Indosat dukung produk lokal berkembang, ini buktinya!
(brl/red)