Apple dan OpenAI hampir mencapai kesepakatan untuk menempatkan ChatGPT di iPhone

Advertisement

Techno.id - Kepala Koresponden Bloomberg Mark Gurman melaporkan bahwa Apple hampir menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI yang akan menambahkan chatbot AI ChatGPT ke iPhone melalui iOS 18. 

Lebih lanjut Gurman menjelaskan, Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI untuk mendukung beberapa fitur AI Generatif-seperti chatbot untuk iOS baru tahun ini. Menurut Gurman, kesepakatan antara Apple dan OpenAI akan memungkinkan penggunaan beberapa fitur ChatGPT di iOS 18.

Aplikasi iOS tertentu seperti Safari, dan Messages, dapat berakhir dengan fitur ringkasan yang akan menggunakan kata kunci untuk memberikan ringkasan singkat tentang konten di layar.

Saat ini Apple dilaporkan ingin memberi Siri perubahan AI yang akan membuat asisten digital virtual lebih berpengetahuan. Pada saat yang sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digital virtualnya sendiri. Namun tidak diketahui apakah pengembangan asisten digital virtual ini akan mengarah pada fitur atau alat baru untuk Siri, atau malah asistennya ini sebagai pesaing Siri.

Sementara pembicaraan dengan Google untuk mengintegrasikan Gemini sedang berlangsung tetapi belum ada kesepakatan yang tercapai. Sejauh ini, belum ada laporan kesepakatan antara Apple dan Google.

Dengan konferensi pengembang Google I/O yang berlangsung Selasa (14/5) mendatang, mungkin akan ada kabar terbaru mengenai pembicaraan antara Google dan Apple. Pada 10 Juni 2024, Apple akan memulai konferensi pengembang WWDC dan selama keynote, Apple diharapkan memperkenalkan pratinjau inisiatif AI-nya untuk iOS 18.

Advertisement


(brl/red)