Apple rilis iOS 17.5.1 untuk memperbaiki bug khusus, foto yang dihapus muncul kembali di perangkat

Advertisement

Techno.id - Apple merilis pembaruan iOS 17.5.1 untuk menambal bug yang menyebabkan foto yang dihapus muncul kembali. Seperti diketahui, Apple merilis pembaruan iOS 17.5 untuk pengguna pada 14 Mei lalu. Namun ketika pengguna menginstal pembaruan tersebut di iPhone mereka, foto yang sebelumnya telah mereka hapus dari perpustakaan, tiba-tiba muncul kembali. 

Tentu saja bug tersebut membuat khawatir para pengguna. Apalagi mereka yang telah menjual perangkat lamanya. Jangan-jangan foto-foto lama mereka akan muncul kembali di perangkat yang telah dijual tersebut. Jelas saja masalah ini membuat gempar di komunitas Apple, blogger, dan pakar keamanan.

Pertanyaan mereka adalah, bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus secara otomatis? Apakah mereka disimpan di server? Bukankah ini risiko privasi? Jawaban singkatnya adalah tidak.  

Ini yang menyebabkan foto yang dihapus muncul kembali di iOS 17.5

foto: freepik/tulpahn

Seorang pengguna reddit menulis bahwa mereka telah melaporkan masalah ke Apple pada Maret lalu. Pengguna tersebut menyatakan bahwa aplikasi Foto membeku saat mengunggah beberapa foto dan video yang telah mereka ambil di iPhone, dan gambar tersebut hilang begitu saja.

Namun, setelah membahas masalah tersebut dengan Apple, mereka mempersempit masalah ke aplikasi File, yang telah mereka gunakan untuk terhubung ke server NAS. Bug khusus ini ditambal di iOS 17.5, dan pengguna mendapatkan kembali foto mereka.

Pengguna juga berteori bahwa bug tersebut mungkin langka dan Apple tidak dapat melacaknya. Mereka menjelaskan bahwa ada kemungkinan foto dan video yang telah mereka edit atau hapus sebelum iPhone mereka membeku, mencegah perubahan disinkronkan ke iCloud, bahwa foto-foto itu hanya disembunyikan dari perpustakaan foto secara lokal. Perlu juga dicatat bahwa gambar yang kamu hapus dari Foto tetap berada di tempat sampah selama 30 hari, sebelum dihapus secara permanen.

Pengguna lain membagikan lebih banyak informasi tentang bug tersebut. Rupanya, mereka berhubungan dengan kontraktor swasta di Apple, yang menjelaskan apa yang mungkin menyebabkan kesalahan tersebut. Kontraktor telah meyakinkan mereka bahwa Apple tidak menyimpan foto atau video pengguna ke server jarak jauh tanpa persetujuan pengguna.

Mereka juga menyatakan bahwa kesalahan tersebut bukanlah pintu belakang ke iCloud atau iPhone, dan bahwa perangkat serta data yang disimpan di cloud sebagian besar aman.

foto: apple

Sementara kesalahan Foto iOS terjadi saat media dihapus dari aplikasi Foto, bukan aplikasi File. Bagi mereka yang tidak mengetahuinya, aplikasi File adalah pengelola file di iOS yang dapat digunakan untuk mengakses konten yang disimpan di perangkat.

Pengguna mengatakan bahwa saat foto yang dihapus dari aplikasi Foto dihapus dari galeri, salinan gambar yang identik ada di aplikasi File. Namun, bug langka di iOS 17.5 mengakibatkan sistem menyimpan kembali semua foto, video dari aplikasi File, kembali ke aplikasi Foto. Ini dapat terjadi ketika ponsel mengindeks ulang file setelah pembaruan sistem untuk membangun basis data.

Itu sebenarnya masuk akal, dan sesuai dengan catatan rilis iOS 17.5.1 di mana Apple menjelaskan log perubahan menyebutkan bahwa pembaruan tersebut memberikan perbaikan bug penting dan mengatasi masalah langka di mana foto yang mengalami kerusakan basis data dapat muncul kembali di perpustakaan Foto meskipun telah dihapus.

Pembaruan iOS 17.5.1 tersedia untuk Ponsel XS dan versi lebih baru. iPadOS 17.5.1 menambal bug Foto pada model iPad Pro 13 inci, iPad Pro 12,9 inci generasi ke-2 dan versi lebih baru, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 11 inci generasi ke-1 dan versi lebih baru, iPad Air generasi ke-3 dan versi lebih baru, iPad generasi ke-6 dan versi lebih baru, dan iPad mini generasi ke-5 dan versi lebih baru.

Karena itu pengguna menganggap pernyataan resmi Apple akan disambut baik untuk menepis rumor sekaligus mengklarifikasi situasi, terutama ketika orang mempertanyakan kebijakan privasi.

Advertisement


(brl/red)