Awas! Malware Cuckoo menargetkan pengguna Mac, jangan asal unduh aplikasi

Advertisement

Techno.id - Dulu banyak yang beranggapan pengguna Mac bakal bebas virus. Berbeda dengan pengguna Windows yang kerap menjadi korban serangan virus. Namun kini peretas menemukan cara untuk memasukkan virus ke macOS yang bisa mendatangkan malapetaka. Salah satunya adalah virus Cuckoo yang dapat mencuri banyak data pribadi pengguna. Jadi, apa itu virus Cuckoo, dan bagaimana kamu menghindarinya di Mac? 

Mengenal Cuckoo

foto: freepik/frolopiaton-palm

Seperti yang dilaporkan firma riset keamanan Kandji, Cuckoo adalah virus yang memengaruhi Mac berbasis Intel dan Arm. Sementara vektor serangan Cuckoo relatif tidak dikenal saat ini. Virus ini masuk melalui situs web yang menawarkan unduhan gratis.

Setelah masuk ke Mac, Cuckoo mulai memantau PC dan mengekstrak data pribadi dan sensitif. Perusahaan keamanan siber SentinelOne memperhatikan bahwa peretas telah menyebarkan malware lebih dari biasanya.

Cara Cuckoo menyebar

foto: freepik/frolopiaton-palm

Saat ini, para peneliti percaya bahwa Cuckoo menyebar melalui situs web jahat. Namun, mereka juga memperhatikan bahwa malware biasanya dihosting di situs web yang menawarkan alat konversi video ke MP3.

Situs web ini biasanya menawarkan aplikasi untuk menyalin video dari situs web seperti YouTube dan mengunduhnya sebagai file MP3, dengan beberapa menawarkan versi gratis dan berbayar dari aplikasi yang mereka tawarkan. Biasanya, situs web ini juga akan membawa Cuckoo ke sistem pengguna.

Advertisement


(brl/red)