Data Telkomsel, penggunaan mobile gaming catat kenaikan tertinggi selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H

Advertisement

Techno.id - Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H, Telkomsel mencatat peningkatan aktivitas digital masyarakat. Trafik internet naik mencapai 12.87 persen dibanding hari biasa 2024 atau 15.08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan, selama periode Ramadhan dan Idulfitri (RAFI) 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti mobile gaming melonjak 78,51 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 28,52 persen, video streaming tumbuh 15,94 persen, akses e-commerce naik 15,77 persen, akses media sosial naik 14,07 persen, dan akses browsing tumbuh 9,74 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 40,09 persen), Instagram (naik 24,51 persen), TikTok (naik 17,82 persen), YouTube (naik 15,28 persen), dan Facebook (naik 11,17 persen). Kemudian untuk trafik layanan SMS tercatat turun 10,40 persen dan layanan suara turun sekira 18,52 persen dibanding hari biasa.

foto: telkomsel

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI 2024 di sejumlah wilayah dibanding hari biasa. Data Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57,42 persen. Diikuti Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) naik sekitar 55,25 persen, Kabupaten Ciamis (Jawa Barat) naik 54,48 persen, Kabupaten Garut (Jawa Barat) naik 47,11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik 34,49 persen.

Peningkatan signifikan trafik internet merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan terdepan yang difokuskan pada 444 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Advertisement


(brl/red)