Fitur baru Android 15 bakal membungkam notifikasi lama dan tidak relevan

Advertisement

Techno.id - Android 15 bakal membungkam notifikasi yang lebih lama dari dua minggu. Tujuannya untuk membantu mencegah menumpuknya pemberitahuan, terutama saat kamu mem-boot perangkat yang sudah lama tidak digunakan.

Fitur ini memungkinkan untuk mencegah pemberitahuan lama menumpuk. Artinya, Android akan menentukan usia notifikasi dengan membandingkan waktu server mengeluarkan notifikasi tersebut dengan waktu saat ini.

Selain itu, isi notifikasi lama akan disembunyikan. Yang bisa kamu lihat hanyalah ikon peringatan, yang memberi gambaran tentang aplikasi atau kontak mana yang mengirim pesan.

Penyesuaian ini terbilang kecil, namun berguna saat kamu menyalakan perangkat Android yang telah tertidur selama beberapa waktu. Kamu tidak akan lagi dibanjiri dengan pemberitahuan yang tidak relevan dan ketinggalan zaman.  Hanya peringatan yang berumur kurang dari dua minggu yang akan ditampilkan.

Kamu tentu saja dapat membisukan perangkat untuk membungkam peringatan ini, tetapi fitur baru Google tampaknya seperti solusi yang jauh lebih elegan untuk masalah spam notifikasi. Seperti biasa, kamu harus mencobanya sendiri ketika pembaruan diluncurkan ke publik untuk melihat seberapa baik cara kerjanya.

foto: android central/harish jonnalagadda  

Fitur lain yang akan datang bakal menyinkronkan pemberhentian pemberitahuan sehingga peringatan tidak relevan yang telah kamu tutup di satu perangkat tidak akan kembali pada perangkat lainnya.

Plus, Google sedang menguji fitur cooldown notifikasi di mana sistem operasi akan mencegah notifikasi berturut-turut yang dikirim dalam waktu singkat agar tidak melakukan ping dan getar perangkat. Periode cooldown relatif singkat, dan volume notifikasi kembali ke level normal setelah beberapa menit hening.

Pembaruan Android 15 diharapkan akan diluncurkan pada Oktober 2024, meskipun mungkin tidak tersedia untuk perangkat kamu hingga awal 2025. Tahun depan, pembaruan Android 16 dapat dibangun di atas peningkatan notifikasi ini dengan memisahkan notifikasi dan Pengaturan Cepat menjadi dua panel berbeda.

Advertisement


(brl/red)