Games jadi aplikasi yang paling banyak digunakan pelanggan Indosat sepanjang Ramadhan dan Idulfitri
Techno.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Lonjakan trafik yang telah diprediksi ini dikontribusikan peningkatan penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga aplikasi mobile gaming.
-
Sambut Ramadhan, Indosat optimalkan kesiapan jaringan di sejumlah lokasi prioritas Sejumlah BTS baru turut dibangun dan mobile BTS dimobilisasi untuk memperkuat jangkauan sinyal di berbagai lokasi penting
-
Data Telkomsel, penggunaan mobile gaming catat kenaikan tertinggi selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 H Trafik internet naik mencapai 12.87 persen
-
Indosat klaim tak ada gangguan saat Lebaran Setelah modernisasi jaringan kemarin, Indosat tidak mengalami gangguan selama bulan Ramadan.
Meningkatnya penggunaan beberapa aplikasi seperti TikTok, Instagram, dan YouTube yang menjadi penyumbang terbesar dalam lonjakan trafik data, dengan rata-rata peningkatan sebesar 24%. Sementara itu, game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mencatat lonjakan trafik data tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar 95%.
Indosat membuktikan kualitas jaringan berhasil melayani pelanggan dan masyarakat selama masa kenaikan trafik telekomunikasi sepanjang Ramadan, Lebaran dan masa libur setelah Lebaran. Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan dengan kualitas jaringan ini, pelanggan dapat menikmati layanan digital kelas dunia mulai dari mengakses media sosial, berbagi pesan, hingga bermain game online tanpa kendala berarti.
Kualitas layanan ini didukung pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasis artificial intelligence atau machine learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal. Indosat juga mengantisipasi meningkatkan kebutuhan telekomunikasi pelanggan dengan menambah 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu Km dan lebih dari 224 ribu Km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Tidak hanya itu, Indosat juga menyiagakan lebih dari dua ribu personel yang bekerja 24 jam 7 hari baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan sebesar 26% untuk IM3 dan 42% untuk Tri dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya.
BACA JUGA :
- Tri umumkan pemenang utama program Kebut Hadiah BombasTri
- Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok
- Indosat gelar pelatihan digital bertaraf internasional di wilayah terluar Indonesia
- Aplikasi bima+ hadirkan beragam fitur untuk kebutuhan digital anak muda
- Indosat siap integrasikan platform NVIDIA Blackwell untuk berdayakan AI Generatif di Indonesia
(brl/red)