Gemini bakal berfungsi lebih baik dengan WhatsApp, Spotify, dan Google Message di Android

Advertisement

Techno.id - Gemini menjadi salah satu prioritas utama Google tahun ini dan secara bertahap diintegrasikan di seluruh layanan. Platform ini bahkan menggantikan Asisten Google sebagai default di Android. Namun, terlepas dari transisi tersebut, Gemini tidak memiliki beberapa fitur inti yang biasa ditawarkan Asisten Google. 

Google pun mulai mengatasi kesenjangan ini dengan menambahkan dukungan Google Assistant Routines baru-baru ini. Langkah ini untuk memperluas kemampuan Gemini.

Seperti dikutip Assemble Debug yang dikutip dari Android Authority, Google sedang menguji ekstensi Gemini untuk WhatsApp, Spotify, dan Google Messages di Android.

Sebelumnya, Google Assistant Actions memungkinkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi secara langsung, seperti mengirim pesan WhatsApp ke kontak. Meskipun Gemini sudah dapat melakukan tugas serupa menggunakan Asisten Google, sekarang mendapatkan ekstensi aslinya sendiri, yang akan memungkinkan interaksi yang lebih lancar dan integrasi yang lebih dalam dengan aplikasi ini.

Meskipun fitur tersebut masih dalam pengujian, namun ekstensi pada aplikasi Google untuk Android (versi beta 15.40.31.29) bisa diaktifkan. Saat ini Asisten Google sedang ditransisikan menjadi ekstensi Gemini.

Langkah ini juga menunjukkan bahwa Gemini akan mempelajari ekstensi mana yang kamu gunakan untuk tugas-tugas tertentu, seperti menelepon atau mengirim pesan kepada kontak tertentu, untuk menawarkan pengalaman yang lebih personal.

Ekstensi berfungsi persis seperti yang dimaksudkan. Misalnya, ketika kamu meminta Gemini untuk mengirim pesan melalui WhatsApp, sekarang Gemini menggunakan ekstensi asli untuk membuka aplikasi secara langsung alih-alih mengandalkan Tindakan Asisten Google.

Hal yang sama berlaku bagi ekstensi untuk Spotify dan Google Messages. Namun fitur ini masih dalam pengujian, dan tidak ada kabar resmi kapan akan diluncurkan ke publik.

Advertisement


(brl/red)