Google menghadirkan fitur Live Translate ke laptop Chromebook Plus

Advertisement

Techno.id - Google mengumumkan fitur pintar baru yang akan hadir di laptop Chromebook Plus, termasuk fitur Live Translate untuk teks otomatis di seluruh sistem. Sebagai informasi, Live Translate telah tersedia di ponsel Pixel, dan sekarang hadir di laptop Chromebook Plus. 

Live Translate di Chromebook Plus adalah fitur seluruh sistem yang tidak terikat pada aplikasi tertentu. Sebagai gantinya, Live Translate berfungsi pada aplikasi apa pun yang digunakan. Fitur ini secara otomatis menerjemahkan apa pun yang ada di layar pengguna ke lebih dari 100 bahasa, baik itu rapat Zoom, streaming langsung YouTube, video pribadi, dan lain sebagainya.

Chromebook Plus adalah nama merek Google untuk Chromebook dengan perangkat keras yang lebih kuat—tidak semua Chromebook adalah laptop Chromebook Plus, tetapi semua laptop Chromebook Plus adalah Chromebook.

Live Translate membuat konten berbahasa asing lebih mudah diakses oleh orang-orang untuk menghemat waktu dibanding  terjemahan manual. Perlu diingat bahwa pengguna memerlukan laptop Chromebook Plus untuk menggunakan Live Translate karena tidak berfungsi di Chromebook biasa.

foto: google

Sebab menerjemahkan bahasa secara real-time adalah tugas yang sangat intensif yang secara komputasi membutuhkan pemrosesan AI lokal untuk kecepatan alih-alih menggunakan cloud. Patut dicatat, browser Chrome telah memiliki teks langsung otomatis untuk panggilan dan media sejak 2022, tetapi tidak menerjemahkan dengan cepat.

Perusahaan lain memiliki fitur serupa. Perangkat Apple, misalnya, dapat membuat transkripsi real time dari audio lisan apa pun, termasuk percakapan langsung di sekitar pengguna. Microsoft Edge dapat menerjemahkan video web dengan mulus ke dalam berbagai bahasa, dan Windows mendukung kemampuan serupa.

Google mengatakan fitur bertenaga AI lainnya akan hadir di laptop Chromebook Plus selain kemampuan untuk mengobrol dengan Gemini. Misalnya, fitur yang dijuluki “Bantu saya membaca” yang memungkinkan pengguna meringkas dokumen, artikel, atau situs web PDF dengan tindakan klik kanan.

Google juga menyebutkan bahwa panggilan video akan terlihat dan terdengar lebih baik berkat peningkatan audio komputasi dan peningkatan tampilan. Aplikasi Google Recorder yang terbukti populer di kalangan pemilik Pixel juga akan hadir di Chromebook Plus. Seperti versi Android-nya, pengguna dapat menggunakan Recorder for Chromebook Plus untuk merekam audio seperti kuliah atau presentasi dengan transkripsi otomatis, yang menyertakan speaker berlabel sebagai sentuhan yang bagus.

Advertisement


(brl/red)