Hadapi lonjakan trafik liburan akhir tahun, XL optimalisasi jaringan
Techno.id - Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, XL Axiata mempersiapkan diri menghadapi lonjakan trafik di jaringannya. Operator telekomunikasi ini memprediksi lonjakan trafik layanan bakalan terjadi di jaringan miliknya dibandingkan hari normal, khususnya pada layanan data.
”Kami tetap memastikan aspek di network benar-benar siap. Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS,” ujar Yessie D. Yosetya, Chief Service Management Officer XL.
-
XL Prediksi trafik data naik 20 persen saat tahun baru Walaupun begitu, XL sudah persiapkan jaringan mereka dengan optimal menjelang tahun baru.
-
XL redam 32 persen keluhan pelanggan selama lebaran "Kelancaran ini tidak terlepas dari keseriusan seluruh tim XL"
-
XL rela siaga 24 jam selama lebaran demi melayani pelanggannya XL rela siaga 24 jam per hari untuk melayani pelanggannya. Bahkan, XL sudah melakukan pengujian jaringan untuk menyambut lebaran.
Yessie mengaku sebenarnya jaringan XL siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru. Di musim liburan akhir tahun itu, XL memperkirakan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.
Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services.
Optimisasi jaringan dan penambahan BTS dilakukan terutama di area yang menjadi pusat keramaian selama libur Natal dan Tahun Baru. Di Jabodetabek, dilakukan optimisasi antara lain di Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Ancol, Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan kawasan Puncak. Bandung di Alun-alun, Dago, dan Gasibu. Yogyakarta di Alun-alun, sepanjang Malioboro, dan Pantai Parang Tritis.
Surabaya di Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, serta Monumen Kapal Selam. Bali di area Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Renon, Sanur, Tanjung Benoa, dan Ubud. Sementara itu di wilayah lainnya antara lain Bandara Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Pattimura Ambon.
XL mengklaim jaringannya telah didukung dengan teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional. Memakai sistem pool tersebut membuat jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Selain itu, XL juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan/kenaikan traffic dari setiap layanan, termasuk dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-4 x lipat kondisi traffic normal.
Selama libur Natal dan Tahun Baru, pelanggan juga bisa merasakan kenyamanan menggunakan layanan 4G LTE XL, yang bisa dinikmati di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Medan, Bogor, Mataram, Denpasar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Batam, Pekanbaru, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan,Tegal, Pacitan, Madura, Manado dan Banjarmasin, serta Yogyakarta.
BACA JUGA :
(brl/red)