Indosat catat kenaikan trafik data sebesar 25% saat puncak Lebaran 2023
Techno.id - Operator selular Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mencatat selama periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan dibanding Lebaran tahun lalu. Pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan libur Lebaran, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.
-
Terintegrasi 100%, Indosat siap hadapi kenaikan trafik data selama libur Lebaran 2023 Diprediksi penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video bakal meningkat tajam
-
Antisipasi lonjakan trafik data jelang akhir tahun, Indosat siapkan konektivitas internet cepat Lonjakan diperkirakan dipicu penggunaan aplikasi jejaring sosial dan game
-
Antisipasi kenaikan trafik data jelang Idul Fitri, Indosat perkuat kapasitas jaringan hingga pelosok Indosat luncurkan program Unparalleled Network Services Guaranteed untuk menjamin kelancaran konektivitas pelanggan selama Idul Fitri
Indosat turut mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15% di masa libur Lebaran dibanding hari normal tahun ini. Peningkatan lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.
Kenaikan ini sudah diprediksi sebelumnya karena itu Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.
Keberhasilan ini sebagai hasil dari jaringan yang telah 100% terintegrasi di 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Karena itu Indosat berhasil memberikan jangkauan yang lebih baik dan luas untuk melayani kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya di kampung halaman sampai level kecamatan pada periode libur Lebaran 2023.
Indosat telah mempersiapkan diri menghadapi periode libur Lebaran tahun ini dengan meningkatkan kapasitas, pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat dan regional, serta dukungan pelayanan pelanggan yang prima. Sebagai tambahan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi.
SVP Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio, mengatakan, tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat.
Selain itu berbagai aktivitas peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan secara terpusat dan di lapangan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik. Nah untuk menjaga performa jaringan Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan.
Dengan peralatan dan dashboard khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari, 74% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan.
Selain itu pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang Ramadan tahun ini juga naik dibanding bulan sebelumnya, dan terus tinggi di masa libur Lebaran.
BACA JUGA :
- Indosat kembali gelar SheHacks 2023, berdayakan perempuan di dunia digital
- Terintegrasi 100%, Indosat siap hadapi kenaikan trafik data selama libur Lebaran 2023
- Indosat tantang talenta digital Indonesia cari solusi untuk sektor pertanian, perikanan dan UMKM
- Mengenal RPA ASTRID yang membawa Indosat raih penghargaan Asian Telecom Awards 2023
- Indosat berkolaborasi dengan ZTE kembangkan jaringan transport dan akses 5G generasi baru di Indonesia
(brl/red)