Ini bahaya charger ponsel tercolok di stop kontak dalam waktu yang lama

Advertisement

Techno.id - Penggunaan ponsel pintar telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Dalam keadaan yang begitu penting, charger adalah salah satu perangkat yang tak terpisahkan. 

Namun, seringkali banyak orang mengabaikan bahaya yang dapat timbul jika charger ponsel selalu tercolok dan dibiarkan pada stopkontak dalam waktu yang lama. Berikut 5 bahaya yang dapat timbul akibat charger ponsel tercolok terlalu lama, Selasa (10/10).

1. Panas berlebih

foto: freepik

Meninggalkan charger ponsel tercolok dalam waktu yang lama dapat menyebabkan panas berlebihan pada ponsel pintar kamu. Kebiasaan buruk ini dapat merusak baterai dan komponen dalam ponsel, bahkan dapat memicu kebakaran dalam beberapa kasus.

2. Pengisian berlebihan

foto: freepik/rawrpixel.com

Charger yang tercolok terus-menerus dapat mengakibatkan pengisian berlebihan pada baterai ponsel. Kebiasaan buruk ini dapat merusak kapasitas baterai seiring waktu dan mempersingkat masa pakainya karena daya yang dialirkan pada charger mengalami kerusakan.

3. Konsumsi energi listrik berlebihan

foto: freepik

Saat charger tercolok, perangkat akan terus menggunakan listrik, yang bisa berdampak pada konsumsi energi yang berlebihan. Ini tidak hanya dapat meningkatkan biaya tagihan listrik, tetapi juga berkontribusi pada jejak karbon yang lebih besar.

4. Risiko korsleting listrik

foto: freepik

Charger yang tercolok terus-menerus dapat meningkatkan risiko korsleting listrik, terutama jika charger atau soketnya sudah tua atau rusak. Korsleting listrik bisa sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kebakaran atau kerusakan serius.

5. Umur charger jadi lebih pendek

foto: freepik

Menggunakan charger secara berlebihan dengan cara terus-menerus tercolok ke stopkontak juga dapat memperpendek umur charger itu sendiri. Ini bisa mengharuskan kamu mengganti charger secara lebih sering, yang pada akhirnya akan menghabiskan uang lebih banyak.

Kesadaran akan bahaya yang dapat timbul dari kebiasaan mengabaikan charger ponsel tercolok dalam waktu yang lama sangat penting. Dengan tindakan pencegahan yang sederhana, kita dapat menjaga ponsel pintar tetap aman, menghindari kerusakan, dan menghemat energi listrik.

(magang/rama prameswara)

 

Advertisement


(brl/red)