Ini perangkat keras AI baru yang diluncurkan di Computex 2024, perang prosesor AI makin panas

Advertisement

Techno.id - Saat ini dunia didominasi penggunaan AI. Hal ini juga terlihat di ajang Computex 2024 yang digelar di Taiwan. Di ajang ini ada sejumlah perangkat keras bertenaga AI yang diperkenalkan. Berikut perangkat keras AI yang diluncurkan di Computex 2024. 

Intel Lunar Lake

foto: intel

Chip laptop telah menjadi bisnis yang popular di tahun 2024. Chip laptop generasi terakhir Intel, Meteor Lake, diluncurkan pada Desember 2023, menampilkan desain chiplet dan NPU pertama Intel, membawa perusahaan ini memasuki tahun 2024 dengan penuh percaya diri.

Kemudian giliran Qualcomm untuk melangkah maju yang memanfaatkan peluang dengan chip Snapdragon X Elite-nya, bertepatan dengan peluncuran platform PC Copilot+ AI Microsoft.

Terlepas dari pujian berkelanjutan Qualcomm di Computex 2024 dengan Snapdragon X Elite yang juga hadir di desktop, Chip laptop Lunar Lake baru dari Intel telah mengundang perhatian. Chip ini menjanjikan CPU yang cepat, NPU yang lebih cepat, peningkatan substansial pada grafik terintegrasi, dan peningkatan masa pakai baterai yang besar.

foto: intel

Intel mengklaim Lunar Lake akan memberikan pemrosesan 1,4 kali lebih cepat daripada chip Snapdragon X Elite untuk penggunaan alat AI Stable Diffusion 1.5. Sementara NPU-nya akan menghasilkan lebih dari 40 TOPS (tera operations per second), yang jauh lebih banyak daripada 10 TOPS yang ditawarkan chip Meteor Lake-nya.

Selain dari sisi AI, peningkatan Lunar Lake yang paling menarik adalah memori yang terintegrasi penuh. Intel Lunar Lake tidak akan dikirimkan dengan chip memori tertentu. Sebagai gantinya, Intel akan mengintegrasikan memori 16 atau 32GB ke dalam desain chip, menghemat ruang, dan meningkatkan efisiensi.

Laptop AI Nvidia GeForce RTX

Nvidia adalah produsen GPU terkemuka di dunia, jadi posisinya sempurna saat dunia bertransisi ke perangkat keras pemrosesan AI kelas atas. Sekarang, Nvidia meluncurkan jajaran baru laptop bermerek “GeForce RTX AI”, mendorong layanan yang memanfaatkan inti Tensor secara maksimal. 

Model GeForce RTX AI yang baru termasuk laptop gaming TUF A14 dan A16 baru dari Asus, laptop ProArt PX13 dan PX16, dan ROG Zephyrus G16 yang diperbarui. Yang juga mengusung branding RTX AI adalah laptop MSI Stealth A16 Studio baru dan lebih banyak laptop untuk diluncurkan termasuk Acer, Dell, Gigabyte, Lenovo, Samsung, dan banyak lagi.

Meskipun model RTX AI baru yang diluncurkan semuanya adalah laptop Windows Copilot+, Nvidia GeForce RTX AI menambahkan fitur tambahan seperti Project G-Assist Nvidia, asisten chatbot AI dalam game, RTX Remix, Nvidia ACE, RTX Video, dan banyak lagi.

Menariknya, Nvidia mengklaim RTX AI-nya akan memberikan peningkatan kinerja yang gahar dibandingkan PC dan laptop berkemampuan AI lainnya, menghasilkan hingga 686 TOPS dibanding 40+ TOPS Lunar Lake.

Ini adalah dorongan besar yang dikaitkan Nvidia dengan GPU ang kuat, sementara chip AI terintegrasi seperti Lunar Lake dan Snapdragon X Elite masih terikat dan dibatasi CPU.

AMD Ryzen AI 300

foto: amd

Tidak mau kalah dengan Intel, Nvidia, dan Qualcomm, AMD mengungkapkan chip AI yang telah lama ditunggu-tunggu di Computex 2024. Dibangun di atas arsitektur Zen 5 barunya yang mengilap.

AMD mengklaim chip laptop Ryzen AI 300-Series barunya XDNA2 NPU akan menghasilkan hingga 50 TOPS, melampaui Lunar Lake dan Snapdragon X Elite. Namun, seperti Lunar Lake, pengujian sebenarnya akan datang ketika chip ini akhirnya diluncurkan. Hanya Qualcomm Snapdragon X Elite yang telah diuji.

Itu berarti laptop bertenaga AI AMD generasi baru akan hadir, yang ditenagai Ryzen AI 9 HX 370, menampilkan 12 core Zen 5 dengan frekuensi boost maksimum hingga 5,1 GHz, atau Ryzen AI 9 365 menampilkan 10 core Zen 5 dan jam boost maksimum 5,0 GHz.

Advertisement


(brl/red)