Instagram luncurkan platform akun remaja dengan lebih banyak perlindungan

Advertisement

Techno.id - Meta baru saja mengumumkan peluncuran akun remaja Instagram untuk melindungi pengguna remaja dengan lebih baik di jejaring sosialnya. Maklum, saat ini Instagram digunakan lebih dari dua miliar pengguna. 

Akun Remaja baru ini akan melindungi remaja dengan lebih baik dari kontak yang tidak diinginkan dan konten yang berpotensi berbahaya di Instagram. Mereka juga akan membiarkan pengguna memilih topik yang diminati untuk memengaruhi algoritme aplikasi.

Meta mengembangkan Akun Remaja dengan mempertimbangkan orang tua dan remaja. Perlindungan Akun Remaja yang baru dirancang untuk mengatasi kekhawatiran terbesar orang tua, termasuk dengan siapa anak remaja mereka berbicara secara online, konten yang mereka lihat dan apakah waktu mereka dihabiskan dengan baik.

foto: instagram

Secara default, Akun Remaja Instagram diatur ke pribadi, dan hanya dapat ditandai atau disebutkan oleh orang yang mereka ikuti. Akun Remaja ini juga hanya dapat dikirimkan pesan oleh orang yang mereka ikuti atau sudah terhubung, dan Instagram akan secara otomatis memblokir kata dan frasa yang menyinggung untuk mencegah intimidasi apa pun.

Untuk meningkatkan kesejahteraan remaja, Akun Remaja juga akan mendesak pengguna untuk berhenti menggunakan aplikasi setelah 60 menit setiap hari. Mode tidur juga akan diaktifkan antara pukul 10 malam dan 7 pagi untuk mencegah FOMO.

Semua perlindungan ini akan diaktifkan secara default di Akun Remaja dan mereka yang di bawah 16 tahun memerlukan persetujuan orang tua mereka untuk mengubah salah satu pengaturan ini. Dalam praktiknya, ini akan memerlukan pengaturan Pengawasan Orang Tua di Instagram, yang menawarkan kepada orang tua seperangkat alat dan wawasan untuk mengontrol apa yang dapat dilakukan remaja di bawah 18 tahun di aplikasi.

foto: instagram

Mulai hari ini, remaja di lokasi tertentu yang membuat akun Instagram akan secara otomatis mendapatkan Akun Remaja. Meta berencana meluncurkan Akun Remaja ke remaja di AS, Inggris, Kanada, dan Australia dalam waktu 60 hari, dengan UE akan menyusul akhir tahun ini. Peluncuran global tidak akan dimulai hingga Januari, dan Meta juga berencana untuk membawa Akun Remaja ke platform lain tahun depan.

Untuk memastikan bahwa remaja tidak berbohong tentang usia mereka untuk menghindari mendapatkan Akun Remaja, Instagram juga akan mulai meminta mereka memverifikasi usia mereka lebih sering. Awal tahun depan, tim Instagram juga berencana mulai menguji teknologi baru di AS untuk menegakkan Akun Remaja pada remaja yang mencantumkan ulang tahun orang dewasa di aplikasi.

Advertisement


(brl/red)