iOS 18 dikabarkan bakal menghadirkan fitur AI ke emoji, pengeditan foto, dan pesan

Advertisement

Techno.id - Saat Apple akan mengumumkan rencananya seputar teknologi kecerdasan buatan (AI) di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) bulan depan, banyak di antaranya sudah bocor ke publik. 

Namun kabarnya Apple akan memainkan lebih dari sekadar terobosan baru tahun ini. Seperti dilaporkan Bloomberg, Apple dikabarkan bakal menambahkan AI ke emoji, pengeditan foto, pesan, dan email. Rencana AI Apple ini akan menyentuh banyak bagian perangkat lunaknya, termasuk transkripsi untuk memo suara, pencarian yang lebih cepat, dan pendekatan yang lebih untuk percakapan dengan asisten suara Siri.

Bahkan baru-baru ini Apple juga akan memperkenalkan Project Greymatter, yang akan bergantung pada AI mini versi Apple yang berfungsi di perangkat tanpa koneksi internet. Intinya, kemampuan AI baru Apple ini akan hadir di iOS 18 dan macOS 15 mendatang. AI Apple salah satunya akan mampu membuat emoji khusus dengan cepat, berdasarkan media yang dikirim melalui pesan pengguna. 

Apple sejauh ini masih “bungkam” tentang rencana AI-nya, tetapi kabar sebelumnya menunjukkan bahwa Apple bermaksud untuk bersandar pada sejarahnya dalam memprioritaskan privasi dan keamanan. Tunggu saja gebrakan Apple mengenai penggunaan AI pada perangkat seperti iPhone yang akan diumumkan di acara WWDC 2024, Juni mendatang.    

Advertisement


(brl/red)