iPhone 16 dan 16 Plus tidak memiliki layar dengan kecepatan refresh rate 120hz, begini penjelasannya

Advertisement

Techno.id - Apple telah mengungkapkan iPhone 16, salah satu handset yang paling dinantikan tahun ini. Seperti yang diharapkan, iPhone 16 dikemas dengan peningkatan yang mengesankan dari pendahulunya.

Ada chip A18 yang lebih cepat dan lebih canggih yang mendorong ponsel baru ini berjalan lebih cepat dari iPhone 15. Ada juga kemampuan Apple Intelligence yang memberikan sejumlah fitur praktis seperti Siri yang lebih baik, pembuatan gambar dan emoji, serta Alat Tulis. Selain itu, iPhone 16 dilengkapi dengan tombol Kontrol Kamera yang praktis yang membuat fotografi seluler menjadi lebih mudah diakses.

Namun, sementara spesifikasi dan fungsionalitas mewah ini memang cukup menjanjikan, salah satu peningkatan yang ingin dilihat penggemar Apple di perangkat baru ini adalah tampilan kecepatan refresh 120Hz, atau apa yang disebut Apple sebagai teknologi layar ProMotion. Teknologi ini pada dasarnya memungkinkan ponsel menyegarkan layarnya 120 kali per detik.

Ketika layar diperbarui dengan kecepatan seperti itu, kamu akan melihat perbedaan yang signifikan dalam seberapa lancar dan cepat kamu dapat membuka aplikasi dan menavigasi ponsel secara umum. Layar ProMotion juga dapat menyesuaikan dirinya sendiri untuk membuat konten bergerak terlihat lebih baik.

Ketika Apple meluncurkan teknologi layar ini dengan model iPhone 13 Pro pada tahun 2021, itu dibuat eksklusif untuk model Pro dan Pro Max. Tapi sekarang, tiga tahun kemudian, apakah Apple mengubah pendiriannya dan akhirnya menambahkan layar ProMotion ke model dasar?

Model iPhone apa yang memiliki layar kecepatan refresh 120Hz

foto: apple

Sayangnya, banyak penggemar Apple yang kecewa. Ternyata iPhone 16 dan 16 Plus tidak hadir dengan layar kecepatan refresh 120Hz. Apple telah mempertahankan status quo sejak mereka memperkenalkan teknologi layar ProMotion, berpegang teguh pada senjata mereka untuk membuat ProMotion berbeda dengan jajaran iPhone Pro. Model iPhone yang saat ini dilengkapi teknologi layar ProMotion 120Hz adalah iPhone 13 Pro dan Pro Max, iPhone 14 Pro dan Pro Max, iPhone 15 Pro dan Pro Max, dan iPhone 16 Pro dan Pro Max. Sementara itu, versi non-Pro masih hadir dengan kecepatan refresh standar 60Hz.

Sebagai perbandingan, pesaing terdekat Apple—Google dengan seri Pixel dan Samsung dengan seri Galaxy S—keduanya telah meluncurkan ponsel 2024 mereka dengan layar yang mampu mencapai kecepatan refresh hingga 120Hz.

Google misalnya, telah melengkapi seluruh jajaran Pixel 9-nya, dari ponsel dasar Pixel 9 hingga Pixel 9 Pro Fold yang lebih premium, dengan tampilan kecepatan refresh variabel 120Hz. Seri Samsung Galaxy S24 juga menempuh rute yang sama, dengan ketiga model (S24, S24+ dan S24 Ultra) menampilkan kecepatan refresh 120Hz. Ini bukan pertama kalinya kedua raksasa teknologi melakukannya, Google dan Samsung sebenarnya telah menempatkan layar 120Hz di ponsel andalan mereka setidaknya selama tiga tahun.

Alasan kamu memerlukan kecepatan refresh 120Hz untuk iPhone

foto: apple

Karena iPhone 16 dan 16 Plus tidak memiliki kecepatan refresh 120Hz, pertanyaannya apakah kamu bersedia mengeluarkan setidaknya USD200 lebih banyak untuk memiliki tampilan yang lebih baik? Jawabannya sangat tergantung pada apa yang Anda lakukan dengan ponsel.

Jika kamu merasa menggunakan perangkat seluler dengan layar 60Hz sudah cukup, maka kamu mungkin tidak perlu meningkatkan ke 120Hz. Kecuali kamu memang menginginkan fitur lain dari iPhone 16 Pro dan Pro Max yang tidak terdapat di model dasar.

Namun, jika daily driver kamu saat ini adalah ponsel 120Hz, menurunkan ke 60Hz mungkin dapat memengaruhi pengalaman pengguna. Beberapa pengguna menyebutkan bagaimana ada kesenjangan besar dalam responsivitas layar 60Hz dan 120Hz.

Jika kamu salah satu dari orang-orang yang sensitif terhadap perubahan gerakan, maka beralih ke ponsel dengan kecepatan refresh yang lebih rendah dapat membuat layar terlihat lamban dan kurang menyenangkan untuk digunakan.

Tampilan kecepatan refresh 120Hz juga bagus untuk dimiliki para gamer, karena memastikan grafiknya selancar dan setajam mungkin. Pengguna lain yang akan mendapat manfaat dari iPhone 120Hz termasuk multitasker dan pengguna yang menguasai yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka beralih di antara dua atau lebih aplikasi, dengan cepat menggulir baris teks yang panjang dan membuka halaman konten. Kecepatan refresh 120Hz membuat UI lebih reaktif dan dapat meningkatkan pengalaman kamu menggunakan ponsel.

Advertisement


(brl/red)