Jurus Telkom untuk kembangkan dunia pendidikan
Techno.id - Sebagai perusahaan dalam bidang komunikasi, Telkom ternyata memiliki beberapa jurus yang memiliki visi untuk mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat pada inovasi IndiSchool yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Telkom pada tahun 2013 lalu, dan kini program tersebut dikembangkan menjadi IndiSchool-SMART (Sistem peMbelajaran dengan Akses Real digiTal).
Layanan ini tidak lagi berbatas pada connectivity seperti program IndiSchool yang terdahulu, namun dikombinasikan dengan penyediaan content dan pengelolaan community. Seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (08/05/15), Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan jika konsep 3C lah yang menjadi dasar utama Telkom dalam mengembangkan dunia pendidikan. Konsep 3C itu adalah Connectivity, Content, dan Community.
Connectivity, hingga saat ini telah terpasang di lebih 23 ribu dengan aksesibilitas WiFi hingga 10 MBps per sekolah. Lalu Content, pijakan yang satu ini didasarkan pada jumlah usage dan user semakin meningkat sehingga menuntut Telkom untuk menyediakan Content yang lebih kaya, lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa didik. Selanjutnya Community, yang dari penyediaan akses internet, Wi-Fi IndiSchool didukung dengan tarif Rp 1.000 per 24 jam.
"Sebagai contoh, selain akses WiFi IndiSchool yang terpasang di sekolah-sekolah, kami juga memasang fasilitas yang sama di perpustakaan daerah bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation atau yang dikenal dengan program PerpuSeru, yang hingga saat ini telah dinikmati 5.043 pelaku komunitas UKM daerah. Apalagi di sekolah-sekolah, jumlah angka komunitas yang menikmati telah mencapai sekitar 1 jutaan orang." ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin yang dikutip dari Merdeka.com (08/05/15).
Program ini telah dirilis Telkom kemarin, dan semua siswa didik dan tenaga pendidik dapat langsung menggunakan WiFi IndiSchool tersebut. Di sisi lainnya, konten menarik seperti Zenius aplikasi pembelajaran siswa dan aplikasi bimbingan belajar dari RajaBimbel sebagai faktor meningkatnya user dan usage hingga mencapai 1 juta orang.
BACA JUGA :
- Dukung era digital, XL luncurkan situs edukasi Mobile Academy
- Sering transaksi sms banking? Sementara hindari waktu-waktu ini!
- Indosat targetkan 1 Juta pelanggan TekTok Mobile hingga akhir 2015
- Keuangan XL terbantu oleh peningkatan lalu lintas data
- Pengrajin daur ulang mulai rasakan keuntungan internet.org
(brl/red)