Kolaborasi Indosat dengan Mastercard tawarkan solusi teknologi pembayaran dalam kendaraan

Advertisement

Techno.id - Di era teknologi digital yang terus berkembang, sistem pembayaran non-tunai semakin banyak digunakan. Selain memudahkan, sistem ini juga aman. Nah terkait hal tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) berkolaborasi dengan Mastercard menampilkan sistem transportasi dan pembayaran. 

President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyatakan, Indosat berkomitmen memanfaatkan AI dan teknologi inovatif guna merevolusi mobilitas perkotaan di Indonesia. Kemitraan dengan

Mastercard menurutnya semakin menggarisbawahi perjalanan Indosat menjadi AI TechCo untuk memberdayakan Indonesia melalui solusi lebih cerdas dan efisien, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

foto: indosat

Prototipe ini mengintegrasikan solusi pembayaran dalam kendaraan Mastercard dengan sistem manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Indosat, NEXTFleet. Kolaborasi ini didasari perjalanan Mastercard selama satu dekade untuk menciptakan solusi mobilitas yang terhubung tanpa hambatan, serta pengalaman pembayaran yang lebih terintegrasi dan intuitif bagi para komuter di seluruh dunia.

Di Jerman misalnya, Mastercard telah bekerja sama dengan Mercedes Benz untuk memperkenalkan pembayaran dalam mobil untuk pengemudi melakukan pembayaran di pom bensin langsung dari kendaraan mereka, hanya dengan sidik jari.

Seperti yang ditunjukkan dalam Urban Mobility Center Mastercard di Amsterdam, Mastercard berkomitmen mengubah cara orang bergerak tempat dalam kota, serta berbagi keahlian, praktik terbaik, inovasi, dan kemampuan prototipe cepat dengan mitra dari seluruh dunia untuk mengatasi tantangan jaman yang mendesak. 

Aileen Goh, Country Manager and President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, pihaknya terus mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk pembayaran digital, keberlanjutan, keamanan siber, dan pariwisata. Upaya Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan merupakan bagian dari upaya untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir.

Solusi teknologi pembayaran dalam kendaraan

foto: techno.id/yani andriyansyah

Kolaborasi Mastercard dan Indosat menegaskan kepemimpinan kedua perusahaan dalam inovasi teknologi. Dengan menentukan arah masa depan solusi teknologi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada digital, keduanya tak hanya melewati batas standar industri, namun juga mempercepat hadirnya inovasi.

Prototipe ini menampilkan solusi pembayaran dalam kendaraan Mastercard yang memungkinkan para pengemudi bertransaksi dengan aman dan mudah, baik untuk pengisian bahan bakar, pembayaran tol, pengisian baterai kendaraan listrik, ataupun lantatur (layanan pemesanan restoran secara drive-through) dari dasbor kendaraan, tanpa perlu meninggalkan kendaraan mereka.

Dengan memanfaatkan inovasi tokenisasi dan biometrik Mastercard, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman dalam sistem infotainment kendaraan dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari.

NEXTFleet dari Indosat melengkapi sistem ini dengan membantu perusahaan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau armada secara real-time lewat aplikasi seluler dan perangkat IoT, mengurangi biaya operasional secara signifikan, meningkatkan efisiensi, serta mendorong produktivitas.

Penggunaan solusi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada berbasis AI ini, memiliki potensi tak terhingga baik untuk penggunaan pribadi, maupun terintegrasi, dan menekankan pada mobilitas yang terkoneksi bagi masa depan transportasi perkotaan, terutama seiring semakin tingginya mobilitas masyarakat dari area pedesaan menuju perkotaan.

Melalui peningkatan efisiensi pembayaran dan manajemen armada, kolaborasi ini bertujuan menampilkan ekosistem mobilitas terhubung yang memenuhi kebutuhan Original Equipment Manufacturer (OEM), operator armada, dan bisnis lainnya.   

Advertisement


(brl/red)