Kolaborasi UiPath dan Indosat berdayakan keterampilan otomatisasi 100 ribu talenta digital Indonesia

Advertisement

Techno.id - Penyedia solusi otomatisasi dan AI B2B terkemuka di dunia, UiPath berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) untuk membekali 100 ribu talenta digital di Indonesia dengan kemampuan otomatisasi (Enterprise Automation) hingga tahun 2027. Inisiatif ini bertujuan mempersiapkan  talenta digital dalam mendukung transformasi Indonesia menjadi pusat talenta AI dan otomatisasi global. 

UiPath akan melengkapi kurikulum IDCamp Indosat dengan mengintegrasikan pelatihan otomatisasi. Program ini akan menyediakan pelatihan mengenai otomatisasi, membuka peluang bagi para peserta untuk memperoleh sertifikasi sebagai UiPath Certified Professional.

Chief Executive Officer UiPath Daniel Dines mengungkapkan, Indonesia bersiap untuk menjadi kekuatan ekonomi global, oleh karenanya penguatan kesiapan tenaga kerja dan membangun kemampuan digital merupakan aspek penting. Sementara President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, kolaborasi dengan UiPath untuk mendorong percepatan pertumbuhan dan transformasi lintas industri.

Menurutnya, kolaborasi dengan UiPath menyasar pada peningkatan daya saing Indonesia dan memberikan peluang bagi masyarakat untuk terus berkembang di era digital. Langkah strategis ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap masa depan Indonesia sebagai pusat talenta digital di kancah global.  

Memperluas kurikulum IDCamp

foto: techno.id/yani andriyansyah

UiPath memperluas kolaborasinya dengan Indosat untuk menghadirkan dua modul berbasis web yang terspesialisasi tentang pengembangan otomatisasi (automation development) dan pengembangan masyarakat (citizen development) dalam kurikulum IDCamp, program pelatihan coding yang dilaksanakan Indosat secara daring.

Kedua modul baru yang meliputi UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer ini merupakan kelanjutan dari sinergi yang sebelumnya sudah terjalin untuk mendorong pendidikan digital dan pemberdayaan teknologi, khususnya dalam membekali para peserta IDCamp dengan kemampuan otomatisasi.

Peserta IDCamp dapat mengakses materi pembelajaran yang komprehensif tanpa dipungut biaya, dari kursus-kursus mengenai teknologi intelligent automation hingga sertifikasi UiPath Certfiied Professional dan UiPath Academic Alliance dalam bentuk perangkat lunak (software). Peserta juga akan mendapatkan peluang untuk terkoneksi dan berjejaring dengan komunitas profesional maupun pengguna teknologi otomatisasi dari seluruh dunia.

Sejak diluncurkan, IDCamp telah dikuti lebih dari 273 ribu orang. Program ini menggabungkan use case konkret serta mendukung para lulusannya untuk mendapatkan sertifikasi dan mencari peluang kerja di mana pun di seluruh dunia.

Kemitraan ini juga akan memperluas UiPath Academic Alliance di Indonesia yang telah melibatkan lebih dari 20 institusi pendidikan vokasional dan berdampak kepada lebih dari 8 ribu pelajar. Indosat akan mendukung institusi-institusi tersebut melalui proyek-proyek kolaboratif, seperti lokakarya serta kegiatan lain yang menerapkan teknologi AI dan otomatisasi guna menjawab tantangan-tantangan riil.

UiPath akan berbagi lebih banyak informasi tentang  pelatihan UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer bersama Indosat melalui dua webinar yang diselenggarakan pada 17 Oktober dan 7 November 2024.

Advertisement


(brl/red)