Microsoft sedang membangun toko aplikasi game selular Xbox, kabarnya bakal diluncurkan Juli 2024

Advertisement

Techno.id - Apple dan Google kini melonggarkan cengkeraman mereka pada platform masing-masing. Sekarang bidang ini lebih terbuka bagi perusahaan lain untuk meluncurkan toko aplikasi mereka sendiri di ponsel cerdas. Tema yang paling umum tentu saja adalah bermain game.

Nah kabarnya, Microsoft bakal meluncurkan toko (app store) game selular Xbox pada Juli 2024. Platform ini akan dimulai sebagai pengalaman berbasis web sebelum bercabang menjadi satu set toko aplikasi selular yang sebenarnya.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Presiden Xbox Sarah Bond mengungkapkan rencana tersebut di Bloomberg Technology Summit. Menurutnya, toko berbasis web ini adalah langkah pertama dalam perjalanan Microsoft untuk membangun toko aplikasi tepercaya yang berakar pada game.

Awalnya, toko tersebut akan fokus pada game selular Microsoft sendiri, termasuk judul populer seperti Candy Crush dan Minecraft. Tujuannya untuk menciptakan pengalaman bermain game yang terpadu, memungkinkan pemain mengakses perpustakaan, identitas, dan hadiah mereka di berbagai perangkat. Jadi sangat mungkin data game akan disinkronkan ke produk lain dalam ekosistem Xbox, termasuk konsol Xbox dan juga PC.

foto: xbox

Meskipun game akan menjadi bagian utama dari toko ini, Microsoft juga membayangkannya sebagai platform yang lebih luas, menawarkan penawaran untuk item dalam game dan peluang untuk menemukan game baru. Meskipun toko tersebut akan dimulai hanya sebagai web, Microsoft mengisyaratkan untuk memperluasnya ke luar web, berpotensi meluncurkan toko aplikasi ponsel cerdas khusus untuk menyaingi Google dan Apple.

Namun Microsoft belum mengklarifikasi bagaimana toko game seluler Xbox berbasis web akan berfungsi, meskipun dapat mendistribusikan APK untuk perangkat Android atau mengarahkan pelanggan ke streaming Game Pass.

Peluncuran Xbox mobile store sejalan dengan antisipasi Microsoft akan peningkatan keterbukaan di toko aplikasi selular. Masih harus dilihat bagaimana Microsoft akan memposisikan toko berbasis webnya sebagai alternatif dari game selular yang ada di platform saingannya. Versi awal dari toko game ini akan diluncurkan pada Juli 2024 dengan berbagai judul milik Microsoft.

Advertisement


(brl/red)