Pengguna iOS lebih doyan belanja ketimbang Android
Techno.id - Dari data belanja online yang disampaikan oleh Custora ECommerce Pulse selama liburan di Amerika Serikat, belanja online yang tadinya diakses menggunakan PC kini mulai bermigrasi ke perangkat smartphone. Hal ini diketahui dari data tahun lalu sebanyak 75 persen belanja online via PC menurun menjadi 70 persen di tahun 2016.
-
Orang Indonesia ternyata suka install banyak aplikasi belanja online Lazada merespons tren ini dengan menghelat Super App Sale.
-
Akhir tahun ini, pengguna smartphone didominasi oleh Android Pengguna lebih tertarik menggunakan smartphone Android dan iOS.
-
Shopee prioritas kembangkan platform mobile dibanding situs "Saat ini, pengguna lebih sering mengoperasikan perangkat mobile yang notabene jumlahnya lebih besar daripada PC."
Sementara untuk pembelian online melalui smartphone terlihat meningkat dari 13 persen menjadi 19 persen. Peningkatan tersebut didominasi oleh perangkat iOS. Dari tiga waktu belanja, hari libur, Black Friday, dan Cyber Monday, pembelian online banyak dilakukan menggunakan perangkat iOS ketimbang Android.
Untuk hari libur, pengguna yang belanja dengan perangkat iOS sebesar 77 persen, sedangkan perangkat Android hanya 23 persen. Kemudian, pada Black Monday juga demikian, perangkat iOS tetap mendominasi yakni 78 persen sementara Android 22 persen. Begitu pula, dengan Cyber Monday, pengguna iOS sebanyak 76 persen dan Android 24 persen, seperti yang disadur dari AppleInsider (5/01/2016).
Namun, dari semua perangkat yang digunakan mulai dari dekstop, smartphone, tablet, kebanyakan pengguna lebih condong ke perangkat dekstop. Kemungkinan, hal ini berkaitan dengan tampilan halaman belanja yang lebih luas bila diakses dari layar dekstop.
Meski begitu, ini terdengar aneh. Semua tahu, bahwa layar tablet lebih besar dari smartphone, tetapi smartphone lebih mendominasi dalam hal belanja online. Sepertinya, hal ini ada sangkut pautnya dengan selera pengguna yang lebih tertarik dengan smartphone ketimbang tablet.
BACA JUGA :
(brl/red)