Setelah menggunakan media sosial bertahun-tahun, ini 7 alasan kamu perlu membersihkan unggahan lama

Advertisement

7 Alasan kamu perlu menghapus unggahan lama di media sosial

5. Hindari risiko hukum

foto: freepik/frolopiaton palm

Unggahan lama kamu mungkin berisi pernyataan atau tindakan yang dapat diterima pada saat itu, tetapi sekarang bisa bertentangan dengan hukum. Jika tertangkap oleh penegak hukum, itu berpotensi menyebabkan dampak hukum.

Jika kamu terlibat dalam sengketa online dan membuat komentar menghina tentang seseorang, mereka dapat mengambil tindakan hukum terhadap kamu, meskipun mereka tidak melakukannya di masa lalu.

Jika kamu telah berbagi informasi tentang perusahaan dan perusahaan kemudian mengubah kebijakan media sosialnya, unggahan lama kamu sekarang mungkin melanggar aturan. Sangat mungkin ini dapat membahayakan pekerjaan kamu, terutama jika informasi rahasia yang kamu bagikan disalahgunakan oleh pesaing, yang berpotensi mengarah pada tindakan hukum.

Untuk mengurangi risiko yang terkait dengan aktivitas masa lalu tersebut, sebaiknya hapus unggahan apa pun yang berpotensi menempatkan kamu dalam masalah hukum.

6. Berikan contoh positif untuk anak-anak

foto: freepik/syda_productions

Sebagai orang tua, sangat penting untuk memberikan contoh positif bagi anak-anak. Kita semua telah melakukan hal-hal di masa muda dan berbagi konten online yang tidak ingin diketahui anak-anak.

Jika anak-anak kamu sekarang mulai menggunakan media sosial dan menemukan unggahan lama kamu, mereka mungkin meniru perilaku itu saat mereka tumbuh dewasa. 

Untuk mencegah hal ini, hapus unggahan tersebut dan simpan hanya yang mencerminkan nilai-nilai yang ingin kamu tanamkan pada anak-anak. Mempertahankan garis waktu yang bersih juga memungkinkan kamu mengajari anak-anak untuk berpikir tentang apa yang mereka bagikan secara online, berpotensi melindungi mereka dari risiko yang terkait dengan media sosial.

7. Lindungi peluang masa depan

foto: freepik/thicha2707

Pendapat kamu sebelumnya juga dapat membahayakan peluang beasiswa, mencegah pendaftaran di program akademik yang kamu inginkan, atau menyebabkan hilangnya penghargaan yang memenuhi syarat untuk kamu. Menghapus unggahan negatif di masa lalu memastikan kamu tidak kehilangan peluang yang memenuhi syarat hanya karena unggahan media sosial.

Sekarang setelah kamu memahami berbagai cara di mana konten yang dibagikan selama bertahun-tahun dapat memengaruhi hidup, kamu harus memfilter dan menghapusnya. Pilih secara selektif apa yang akan dipertahankan dan apa yang harus dihapus.

Advertisement


(brl/red)