Telkomsel: Pelanggan makin banyak adopsi layanan data saat Lebaran
Techno.id - Telkomsel merilis laporan lalu lintas telekomunikasi yang berjalan di jaringan miliknya sepanjang malam takbiran. Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi seluler itu mencatatkan lonjakan yang cukup signifikan di layanan datanya, meningkat hingga 130 persen dibanding tahun lalu.
-
Trafik data dan voice Telkomsel meningkat, sedangkan trafik SMS turun Telkomsel mencatat peningkatan trafik pada sektor layanan data dan telepon, sedangkan trafik SMS mengalami penurunan.
-
Ini strategi Telkomsel hadapi lonjakan trafik Lebaran Telkomsel: "Kami akan meningkatkan kapasitas layanan data sebesar 274 persen dan sebesar 40 persen untuk layanan SMS dan voice."
-
Selama puasa dan lebaran, Telkomsel prediksi layani 1,15 miliar SMS Pasca melakukan uji jaringan dari Banyuwangi ke Denpasar, Telkomsel memprediksikan akan layani 1,15 miliar SMS penggunanya.
Dalam laporan trafik yang dikeluarkan Telkomsel, diketahui momen malam takbiran tahun ini terdapat 1,55 juta GB data yang ditangani Telkomsel. Jumlah itu meningkat 130 persen dibanding momen yang sama pada tahun lalu yang menghasilkan trafik 685 ribu GB di layanan data Telkomsel.
Kenaikan data yang sangat signifikan terjadi di Area Jawa-Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara), dengan peningkatan penggunaan data hingga lebih dari 156 persen menjadi sekitar 452 ribu GB Sementara Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) menyusul dengan kenaikan hingga 138 persen menjadi sekitar 312 ribu GB dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014.
"Hasil pemantauan kami di tahun ini terhadap trafik di malam takbiran menunjukkan bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai salah satu pilihan utama untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di momen Lebaran,” kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.
Di sisi lain, layanan SMS Telkomsel cenderung stagnan dengan sedikit penurunan sekitar 6% menjadi 952 juta SMS dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik SMS turun sebesar 3 persen.
Sementara itu, layanan suara di malam takbiran naik sebesar 18 persen menjadi sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014. Kalau dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik voice ini turun sebesar 9 persen.
Dari sisi kualitas layanan, Telkomsel mengklaim tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98%. Angka tersebut menunjukkan tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.
"Kami bersyukur, berkat persiapan dan pemantauan yang ketat terhadap jaringan Telkomsel di seluruh Indonesia, pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman menggunakan layanan kami, dan tanpa kendala yang berarti dalam menyambut hari yang suci ini,” pungkas Adita.
BACA JUGA :
- Lebaran perdana jadi Telkomsel 1, Ririek siaga jaga layanan
- Telkomsel targetkan jaring Rp 300 miliar di malam takbiran
- Menkominfo sidak persiapan operator komunikasi jelang lebaran
- Jelang Lebaran, Telkomsel kerahkan jaringan bertenaga penuh
- Jaringan komunikasi Telkomsel di NTT kembali normal 100 persen
(brl/red)