Tokopedia terima 24 ribu lamaran kerja tiap bulan
Techno.id - Tokopedia dinobatkan situs pencarian kerja Jobplanet jadi salah satu perusahaan rintisan paling diminati pencari kerja. Sekarang, Tokopedia menduduki posisi puncak kategori perusahaan dengan budaya perusahaan terbaik, mengalahkan Total dan Nutrifood.
-
5 Alasan ini yang bakal bikin Anda ingin berkarir di startup Masih ragu untuk berkarir di bisnis startup?
-
Tokopedia masuk Deloitte Technology Fast 500 Asia Pacific 2020, keren Tokopedia berada di jajaran 8 perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat se-Asia Tenggara
-
Masuk Indonesia, Jobplanet sasar 7,6 juta pencari kerja Masuknya Jobplanet di Indonesia yakni didorong oleh faktor jumlah pencari kerja yang meningkat dari tahun 2014 yakni sekitar 7,6 juta jiwa.
Perusahaan rintisan e-commerce populer itu mengamini perusahaannya sangat diminati para pencari kerja. Kini, setiap bulannya Tokopedia bisa menarik minat 24.000 pelamar, namun biasanya Tokopedia hanya mampu merekrut sekitar 20 karyawan baru.
Tokopedia menyatakan budaya kerja dan popularitas yang cukup tinggi disebutkan jadi alasan tingginya minat pencari kerja melamar ke perusahaannya. Awak Tokopedia sendiri meningkat drastis dari 80an orang di tahun 2014 ke 400an orang di akhir tahun 2015.
William Tanuwijaya, CEO Tokopedia mengungkapkan pendapat mengenai cara meningkatkan kualitas manajemen karyawan di tengah iklim kompetisi dunia startup. Budaya kerja perusahaan yang menarik pun diklaim terbentuk dari sistem manajemen karyawan yang diterapkan Tokopedia.
"Sistem kerja di Tokopedia menekankan pada budaya kerja sebagai peta, value atau DNA perusahaan sebagai kompas dan visi misi perusahaan sebagai tujuan. Walaupun tim berkembang dengan pesat anggota tim pada umumnya tetap bisa bekerja dengan independen,” jelas William.
William pun menambahkan, karyawan Tokopedia yang disebut Nakama pada umumnya knowledge worker yang didorong untuk menemukan purpose mereka di perusahaan. "Tokopedia percaya pengembangan kualitas SDM hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan kepercayaan dan kesempatan," tambahnya.
Secara garis besar, karyawan Tokopedia dilekatkan dengan tiga nilai atau DNA, antara lain growth mindset, focus on consumer, make it happen & make it better. William juga menekankan ketulusan untuk berbagi seperti seorang guru dan kerendahan hati untuk terus belajar seperti seorang murid kepada para karyawannya. Hal-hal inilah yang menjadi bahan review tahunan.
"Setiap Nakama harus menceritakan dalam kurun waktu satu tahun terakhir dirinya sudah menjadi guru atau mentor untuk siapa saja dan apa yang diajarkan, sekaligus menceritakan sudah belajar apa dan dari siapa," tandas William.
BACA JUGA :
- Dapat dana US$ 147 juta, ini nama-nama investor baru Tokopedia
- Jawaban Bos East Ventures soal Fundraising Baru Tokopedia
- Ketahuilah rumor-rumor terbaru soal fundraising Tokopedia di sini!
- Tokopedia kasih gratis ongkir sepanjang bulan, buat siapa ya?
- 5 Alasan ini yang bakal bikin Anda ingin berkarir di startup
(brl/red)