Untuk kalahkan Apple dan Samsung, Xiaomi pakai strategi rahasia ini
Techno.id - Sebagai salah satu vendor teknologi dengan kans besar untuk menjegal dominasi Apple dan Samsung, sepak terjang Xiaomi layak untuk terus dipantau. Inisiatif mereka untuk memproduksi produk murah tetapi tetap berkualitaslah yang wajib diwaspadai. Namun selain itu, ternyata ada strategi lain yang sedang mereka praktikkan.
-
Lagi, Xiaomi tegaskan pihaknya bukan kloning Apple "Untuk setiap kesamaan kecil antara kami dan Apple, saya mungkin bisa menunjukkan seratus perbedaan."
-
Xiaomi dan Huawei sukses 'curi' salah satu pasar terbesar Apple Xiaomi sukses menggeser Apple dari posisi pertama, dan Huawei sukses menggeser Apple dari posisi kedua
-
Mulai masuki pasar Brasil, ini strategi Xiaomi Sebelumnya, strategi ini sudah pernah diterapkan di India.
"Kami tidak memiliki tim sales dan marketing," terang CEO 1More, Gary Xie. 1More sendiri ialah anak perusahaan Xiaomi yang bertugas untuk membuat Mi Headphone.
Lebih lanjut, Gary juga menjelaskan prinsip kerja yang mereka usung bersama, yakni dengan mengutamakan kepentingan konsumen.
"Semua orang di sini hanya melakukan satu hal: mendengarkan opini pelanggan. Semakin banyak rekomendasi dari mereka yang datang, semakin baik juga kinerja kami," ujarnya seperti dikutip dari Forbes.com (22/05/15).
Di sisi lain, apa yang dilakukan Apple dan Samsung tampak berbeda. Kedua produsen terkemuka itu saat ini lebih bergantung pada penjualan produk dengan mementingkan margin yang tinggi.
Hans Tung, pebisnis yang juga mantan investor Xiaomi, pun mengkritisi strategi itu karena menurutnya tak lagi efektif.
"Strategi (yang dijalankan Apple dan Samsung) itu tidak masuk akal. Kalau Anda membuat produk yang lebih terjangkau, maka akan makin banyak orang yang ingin mencobanya."
BACA JUGA :
- Luar biasa, dagangan Xiaomi di AS dan Eropa laris manis!
- Banyak faktor keuntungan, Microsoft makin serius akuisisi BlackBerry
- Hugo Barra: Tiongkok bukan lagi negara peniru!
- Lebihi ekspektasi, 10 juta unit Samsung Galaxy S6 laku dalam sebulan
- Apple tiru langkah Microsoft untuk kembangkan generasi terbaru iPad
(brl/red)