WhatsApp akan segera menambahkan pratinjau gambar mini untuk media yang disematkan

Advertisement

Techno.id - Sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling popular di dunia, Whatsapp memastikan semua fitur aplikasi berfungsi normal. Pengembang juga mengerjakan fitur baru untuk aplikasi obrolan sambil mengejar ketinggalan dengan beberapa layanan saingannya. 

Demikian pula, fitur penyematan multi pesan bergaya Discord berhasil masuk ke WhatsApp beta beberapa bulan lalu. Kemudian diikuti fitur pratinjau yang berguna saat menyematkan teks yang berisi file media. WhatsApp sekarang secara luas meluncurkan pratinjau media dalam obrolan yang disematkan ke penguji beta di Android.

Seperti dilaporkan WABetaInfo, pratinjau gambar mini untuk teks yang disematkan telah berhasil masuk ke WhatsApp versi beta 2.24.11.12. Tetapi fitur tersebut juga dapat muncul di versi beta aplikasi yang lebih lama. Misalnya, smartphone Android di WhatsApp beta 2.24.11.4 sudah memiliki fitur ini.

Fitur ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas dan interaksi dalam obrolan dengan memberikan gambaran umum yang lebih komprehensif tentang pesan yang disematkan melalui gambar mini. Meskipun ini tidak diragukan lagi merupakan tambahan yang berguna untuk pesan yang disematkan, masih ada batasan tiga teks yang disematkan per percakapan.

foto: wabetainfo

Dengan menambahkan gambar mini untuk pesan yang disematkan langsung ke bagian atas layar, pengguna dapat dengan mudah melihat pratinjau konten tanpa menavigasi ke pesan yang disematkan. Hasilnya, fitur ini dapat menghemat waktu dan upaya pengguna secara signifikan, meningkatkan navigasi dalam percakapan.

Pada pembaruan sebelumnya, pengguna perlu memilih pesan yang disematkan secara manual untuk melihat kontennya. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menavigasi jauh dari tampilan saat ini untuk mengakses konten pesan yang disematkan, karena gambar mini menawarkan tampilan langsung konten langsung dari layar utama.

Selanjutnya, WhatsApp hanya mengizinkan pesan untuk disematkan dalam jangka waktu tertentu (24 jam, 7 hari, 30 hari). Saat ini tidak jelas apakah aplikasi obrolan milik Meta ini akan mengubahnya di masa mendatang.

WhatsApp ingin mempermudah penambahan deskripsi grup di komunitas

foto: freepik/bangkokclickstudio

Versi beta WhatsApp sebelumnya, versi 2.24.11.11, telah mengungkapkan cara baru bagi admin untuk menambahkan deskripsi ke grup komunitas mereka. Saat ini, admin hanya dapat menambahkan deskripsi setelah grup dibuat. Namun per rilis beta ini, WhatsApp akan mendorong orang untuk menambahkan deskripsi selama proses penyiapan grup.

Meskipun fitur ini mungkin tidak mengubah cara kamu menggunakan WhatsApp secara drastis, fitur ini dapat mempermudah komunikasi dengan grup baru sekaligus memecahkan masalah admin grup yang berpotensi lupa menambahkan deskripsi.

WhatsApp juga memiliki beberapa fitur lain yang sedang dikerjakan, dengan aplikasi baru-baru ini meluncurkan obrolan terkunci untuk perangkat yang ditautkan ke lebih banyak penguji beta. Sementara itu, Channel kemungkinan akan mendapatkan beberapa peningkatan dalam waktu dekat.

Advertisement


(brl/red)