Selain dari SMS, voice, dan data, XL sudah punya sumber pemasukan lain
Techno.id - Adopsi smartphone di Indonesia yang terus meningkat menurut eMarketer, yaitu dari 44,7 juta di 2014 ke 55,4 juta tahun ini, membawa banyak dampak. Salah satu yang turut merasakan manfaatnya ialah operator telekomunikasi seperti PT XL Axiata Tbk. Buktinya, mereka kini sudah mempunyai sumber pemasukan baru, yakni dari digital services.
-
XL berkomitmen jadi garda terdepan layanan data Pertumbuhan trafik layanan data XL tumbuh 65 persen pada semester pertama tahun 2015 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
-
Laba tumbuh 10 persen, XL klaim ini berkat kebijakan transformasi "Kami akan terus fokus untuk menjalankan seluruh agenda kebijakan transformasi untuk memperkuat bisnis kami di masa mendatang," ujar Dian
-
Transformasi dan 4G LTE berhasil bantu XL raih kinerja positif di 2015 XL berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan selama tiga kuartal secara berturut-turut, dengan tumbuh sebesar 2 persen QoQ pada 4Q 15.
"Layanan digital services XL terus berkembang. Sejak diluncurkan empat tahun lalu, kini beberapa produk-produk digital services sudah mulai menghasilkan, sehingga kontribusinya akan terus membesar di masa datang," terang Chief Service Management Officer XL Axiata, Ongky Kurniawan.
Berbekal fakta itu, XL pun dengan percaya diri meningkatkan target kontribusi layanan digital terhadap total pendapatan mereka pada 2016 menjadi 7,5 persen. Padahal tahun ini, digital services diperkirakan baru menyumbang 6 persen saja.
Ongky juga menambahkan jika kehadiran digital services ini tak cuma bermanfaat bagi user, tetapi juga XL sendiri, terutama sebagai penyokong bisnis konvensional mereka, seperti layanan suara, SMS, dan internet.
"Secara garis besar, arah pengembangan digital services ini yaitu mendukung bisnis tradisional XL, meningkatkan dan mengoptimalisasi aset untuk bisnis baru, dan mengembangkan bisnis yang berdiri sendiri seperti over the top (OTT)," imbuhnya pada Antara (19/11/15).
Layanan digital services XL saat ini telah mencakup tujuh ranah, contohnya Elevenia yang mewakili e-commerce, digital payment dengan XL Tunai, serta AdReach dari kategori mobile advertising. Optimisme terhadap digital services ini pun terbangun dengan tingginya tingkat melek digital masyarakat Indonesia.
BACA JUGA :
(brl/red)