Apple akan meluncurkan iPhone 15 Series dan Apple Watch Series 9 pada 12 September

 Apple akan meluncurkan iPhone 15 Series dan Apple Watch Series 9 pada 12 September

Techno.id - Apple bakal meluncurkan iPhone 15 Series pada 12 September 2023. Dalam acara bertajuk Wonderlust yang akan digelar di Steve Jobs Theater di Kampus Apple Park di Cupertino, California tersebut, Apple bakal mengungkap jajaran smartphone iPhone 15 dalam seri flagship.

Jajaran produk tersebut dilaporkan mencakup iPhone 15 dengan layar 6,1 inci biasa dan model iPhone Plus 6,7 inci yang lebih besar, serta versi Pro dan Pro Max biasa.

Banyak yang percaya bahwa iPhone 15 terbaru akan dibekali denga port USB-C untuk pengisian daya, menggantikan port Lightning yang sudah lama digunakan. Langkah ini sebagai tanggapan atas dorongan Uni Eropa terhadap pengisi daya universal.

Oktober tahun lalu, Parlemen Eropa memutuskan semua ponsel, tablet, dan kamera yang dijual di Uni Eropa harus dilengkapi dengan port pengisian daya USB-C pada akhir tahun 2024. Apple pada awalnya mengkritik ide tersebut, dengan alasan bahwa pengisi daya universal akan menyebabkan limbah elektronik.

Acara peluncuran ini sudah ditunggu-tunggu para penggemar produk Apple. Sebab mereka penasaran dengan jajaran iPhone 15 terbaru, kecuali untuk varian SE. Sayangnya, belum ada kabar mengenai kembalinya iPhone mini. Selain itu, banyak juga yang penasaran apakah Apple juga memberikan isyarat mengenai iPhone Ultra yang selama ini cukup ramai digosipkan.

 Apple akan meluncurkan iPhone 15 Series dan Apple Watch Series 9 pada 12 September foto: 9to5mac

Sebelum peluncuran, dalam sepekan terakhir ramai juga soal sejumlah detail tentang rencana Apple untuk warna jajaran iPhone 15. Seperti dilaporkan 9to5Mac, untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan tersedia dalam warna hitam, hijau, biru, kuning, dan merah muda. Sementara untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Apple merencanakan empat warna yang berbeda yakni space black, perak, biru, dan abu-abu.

Diungkapkan 9to5Mac, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus sebagian besar akan mewarisi rangkaian fitur dan spesifikasi dari iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Hal ini termasuk Chip Bionik A16, Dynamic Island, dan kamera 48MP.

Namun, untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan memiliki lebih banyak perubahan. Kabarnya kedua perangkat ini akan menggunakan Chip A17 Bionic, prosesor 3 nanometer pertama di smartphone. Lalu ada juga action button, tombol yang dapat diprogram untuk menggantikan tombol mute.

Perangkat ini juga akan memakai bingkai titanium, bahan yang lebih ringan untuk menggantikan baja tahan karat yang selama ini digunakan. Selain itu ada juga penyegaran desain dengan bezel yang lebih tipis dan tepi yang sedikit melengkung.

Kabarnya, perangkat ini juga akan mengalami peningkatan daya tahan baterai. Perubahan lainnya adalah lensa zoom periskop yang akan hanya akan disematkan pada iPhone 15 Pro Max. Kabarnya, untuk urusan penyimpanan juga bakal ada peningkatan.

Meskipun iPhone menjadi pusat perhatian pada acara tersebut, Apple juga diperkirakan akan mengumumkan model-model baru Apple Watch Series 9, termasuk versi terbaru dari Apple Watch Ultra 2 kelas flagship yang diperkirakan akan menyertakan prosesor yang lebih cepat untuk pertama kalinya dalam beberapa generasi.

Apple juga diperkirakan akan memperkenalkan pilihan warna yang lebih gelap untuk model Ultra titanium. Tali jam tangan baru yang digambarkan sebagai bahan anyaman nilon dengan jepitan magnetik. Tunggu saja!

(brl/red)