3 Standar baru pengalaman menonton TV berbasis AI dengan Samsung TV AI Neo QLED 8K

3 Standar baru pengalaman menonton TV berbasis AI dengan Samsung TV AI Neo QLED 8K

Techno.id - Samsung memperkenalkan Neo QLED 8K, televisi yang sudah terintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Perangkat ini sudah didukung prosesor terbaru NQ8 AI Gen3, prosesor dengan teknologi berbasis AI yang dapat menganalisa dan meningkatkan detail gambar secara real time.

Neo QLED 8K TV yang tersedia dalam ukuran 65, 75, dan 85 inci, menawarkan fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan berbagai ruang dan kebutuhan menonton pengguna. Menurut Head of ProductAV Business, Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin, Neo QLED 8K berbasis NQ8 AI Gen3 Processor ini hadir sebagai standar baru home entertainment.

Prosesor ini memberikan pengalaman menonton baru seperti teknologi 8K AI Upscaling Pro yang dapat meningkatkan kualitas konten hingga setara 8K. Ada juga fitur Adaptive Sound yang dapat meningkatkan kualitas suara. Sementara fitur AI Customization akan menyesuaikan konten dengan preferensi pengguna.

Dengan TV berteknologi AI, pengguna tidak hanya mendapatkan gambar dan suara yang optimal, tetapi juga merasakan sensasi emosional seolah-olah berada langsung di dalam adegan. Perangkat ini menghadirkan tiga standar baru yang tidak dimiliki TV biasa, memberikan kualitas hiburan yang lebih baik. Berikut 3 standar baru pengalaman menonton TV dengan AI di Neo QLED 8K.

1. Dapat dipersonalisasi untuk setiap anggota keluarga

3 Standar baru pengalaman menonton TV berbasis AI dengan Samsung TV AI Neo QLED 8K foto: techno.id/yani andriyansyah

Fitur AI Customization pada Neo QLED 8K memungkinkan pengguna secara otomatis mengatur kontras warna dan kualitas tampilan konten sesuai preferensi individu. Teknologi canggih ini menganalisis jenis konten yang sedang ditonton dan menyesuaikan pengaturan visual, sehingga setiap anggota keluarga dapat menikmati program favorit sesuai selera tontonan mereka. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur AI Customization.

1. Buka menu Settings.

2. Aktifkan Intelligent Mode, kemudian pilih Picture Mode.

3. Pilih AI Customization. Lalu pilih gambar berdasarkan Brightness, Contrast, Color, dan Color Tone yang kamu sukai ketika menonton Sports Event, Movie, atau General.

4. Klik Done setelah kamu memilih preferensi tontonan.

2. Meningkatkan kualitas gambar konten lama setara 8K

3 Standar baru pengalaman menonton TV berbasis AI dengan Samsung TV AI Neo QLED 8K foto: samsung

Samsung Neo QLED 8K TV menghadirkan teknologi upscaling canggih lewat fitur 8K AI Upscaling Pro yang mampu meningkatkan resolusi rendah pada konten lama hingga setara kualitas 8K. Fitur ini memungkinkan pengguna menikmati tayangan favorit, termasuk video kenangan seperti rekaman ulang tahun atau momen spesial keluarga, dengan detail yang jauh lebih tajam dan jelas.

Jika kamu memiliki video lama yang direkam bertahun-tahun lalu dengan resolusi standar, Neo QLED 8K yang kini memiliki 512 neural networks, 8 kali lebih banyak dari sebelumnya, dapat memperbaiki tampilan gambar sehingga setiap momen yang disaksikan kembali terlihat lebih hidup dan tajam. Neo QLED 8K TV memberikan pengalaman menonton yang lebih baik, menghidupkan kembali kenangan dengan kualitas visual yang superior.

3. Mampu hadirkan suara sesuai adegan

3 Standar baru pengalaman menonton TV berbasis AI dengan Samsung TV AI Neo QLED 8K foto: techno.id/yani andriyansyah

Neo QLED 8K juga memperkenalkan standar terbaru dalam pengalaman audio dengan kemampuan audio remastering yang canggih. Berbeda dengan TV non-AI yang hanya dapat mengatur volume secara merata untuk suara objek dan latar belakang, fitur Adaptive Sound di TV AI Samsung mampu memisahkan dan membedakan antara suara latar belakang dan suara objek secara terpisah.

Teknologi ini memungkinkan TV untuk menyesuaikan audio dengan lebih akurat, memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih jelas dan imersif sesuai dengan setiap adegan. Dengan kemampuan ini, setiap elemen suara dalam film atau acara televisi terdengar lebih hidup dan sesuai dengan konteksnya.

Harga dan ketersediaan

3 Standar baru pengalaman menonton TV berbasis AI dengan Samsung TV AI Neo QLED 8K foto: techno.id/yani andriyansyah

Neo QLED 8K QN900D berukuran 85 inci dibanderol dengan harga Rp132.599.000. Sementara Neo QLED 8K QN800D tersedia dalam ukuran 65 dan 75 inci dengan harga mulai dari Rp54.999.000 hingga Rp73.399.000.

(brl/red)