4 Aplikasi pengeditan foto yang bisa kamu gunakan tanpa terlalu mengandalkan fitur AI

4 Aplikasi pengeditan foto yang bisa kamu gunakan tanpa terlalu mengandalkan fitur AI

Techno.id - Saat ini kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) diintegrasikan hampir di semua aplikasi. Salah satu penggunaan yang popular adalah untuk mengambil dan mengedit foto.

Namun ada kalanya, foto hasil editan aplikasi yang menggunakan AI dirasa kurang natural. Terlalu banyak sentuhan digital sehingga foto yang dihasilkan menegasikan unsur-unsur natural.

Karena itu, sebagian orang lebih memilih aplikasi edit foto yang tidak terlalu mengandalkan kemampuan AI. Mereka lebih memilih pengeditan foto secara manual. Tujuannya, untuk menghasilkan foto yang tidak terlalu berbeda dengan aslinya. Terpenting, unsur natural tetap kuat. Berikut beberapa aplikasi pengeditan foto yang tidak terlalu mengandalkan atau hanya sedikit memanfaatkan AI.

1. Affinity Photo 2

4 Aplikasi pengeditan foto yang bisa kamu gunakan tanpa terlalu mengandalkan fitur AI foto: affinity photo 2

Affinity Photo 2 adalah aplikasi pengeditan pemenang banyak penghargaan yang dapat digunakan di macOS, Windows, dan iPad. Kamu dapat mengerjakan file yang sama menggunakan salah satu perangkat ini. Fitur menonjol dari Affinity Photo termasuk retouching kulit dan menghilangkan noda, perpustakaan filter dan efek yang sangat besar, serta opsi pena dan kuas yang sangat presisi. Meskipun Affinity mendukung berbagai plugin dan ekstensi AI, untungnya fitur ini tidak wajib untuk mengedit gambar.

Iterasi terbaru, Affinity Photo 2, memiliki tata letak antarmuka pengguna yang jauh lebih baik, lebih halus dan lebih intuitif. Selain itu, pembaruan terbaru memungkinkan pengeditan file RAW tanpa destruktif, yang berarti kamu dapat mengedit dan mengembangkan gambar RAW seperti yang dibuat dengan kamera DSLR tanpa kehilangan salinan file RAW asli, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk fotografer profesional.

2. Capture One

4 Aplikasi pengeditan foto yang bisa kamu gunakan tanpa terlalu mengandalkan fitur AI foto: capture one

Jika kamu bekerja sebagai bagian dari tim atau ingin langsung berbagi foto dengan kolaborator, Capture One bisa menjadi pilihan. Perangkat lunak ini memungkinkan kamu memotret gambar langsung ke desktop, iPad, atau iPhone, tanpa mengunggah atau mengunduh, memungkinkan umpan balik instan dari teman atau klien.

Capture One menampilkan semua alat pengeditan yang diharapkan, bersama dengan berbagai filter dan gaya prasetel. Meskipun Capture One menggabungkan AI, kamu dapat memilih integrasi level sehingga menghemat waktu untuk sentuhan artistik.

Kamu dapat memanfaatkan uji coba gratis 30 hari, setelah itu tersedia berbagai paket berbayar, mulai dari aplikasi selular khusus hingga langganan studio penuh untuk para profesional.

3. VSCO

4 Aplikasi pengeditan foto yang bisa kamu gunakan tanpa terlalu mengandalkan fitur AI foto: play.google.com/vsco

Mirip dengan Instagram, VSCO adalah aplikasi berbagi dan mengedit gambar yang berfungsi di perangkat Android, iOS, dan desktop. Aplikasi ini memungkinkan fotografer untuk berbagi foto dengan pengguna lain di platform. Meskipun ada versi gratis yang tersedia, itu hanya menyediakan akses terbatas ke komunitas VSCO dan fungsi pengeditan.

Untuk memanfaatkan lebih dari 200 filter preset dan alat pengeditan lanjutan, kamu harus membeli langganan bulanan atau tahunan. Fitur menonjol dari VSCO termasuk akses ke efek pencitraan dan GIF yang tidak ditemukan di platform lain, berbagai efek dan overlay yang terinspirasi film yang unikgraining, goresan, atau debu dan kemampuan untuk mengelompokkan koleksi dan galeri bersama-sama, dan memilih siapa yang dapat melihatnya.

4. Afterlight 2

4 Aplikasi pengeditan foto yang bisa kamu gunakan tanpa terlalu mengandalkan fitur AI foto: apps.apple.com

Afterlight dan Afterlight 2 yang serba baru adalah aplikasi perangkat lunak yang dirancang untuk perangkat Apple. Namun, sekarang ada versi yang bisa berjalan di Windows. Aplikasi ini lebih ditujukan untuk fotografer pemula dan memiliki antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna dengan ikon besar dan jelas. Aplikasi ini mendukung mengimpor gambar RAW dan mengekspor file dalam HEIC, atau format Kompresi Gambar Efisiensi Tinggi.

Seiring dengan rangkaian lengkap fitur pengeditan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu menyesuaikan beberapa pengaturan pada kamera ponsel sebelum mengambil foto, seperti white balance, eksposur, kecepatan rana, dan ISO. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu menambahkan lapisan grafik dan teks untuk membuat visual yang menakjubkan dan unik, lalu mengunggahnya ke media sosial.

Kecerdasan buatan merupakan teknologi tambahan yang berguna dan disambut baik banyak orang. Namun ada beberapa aplikasi yang lebih disukai para seniman digital termasuk fotografer. Bagi mereka, alat pengeditan yang memungkinkan kontrol pengguna penuh jauh lebih bermanfaat daripada alat bertenaga AI yang terkadang menegasikan unsur natural sebuah foto.

(brl/red)