4 Emulator video game terbaik untuk dipasang di iPhone atau iPad

4 Emulator video game terbaik untuk dipasang di iPhone atau iPad

Techno.id - Game selular modern memang menyenangkan, tetapi game konsol retro bahkan lebih baik jika kamu tumbuh besar dengan memainkannya. Kini dengan emulator akan memungkinkan kamu memainkan ribuan game retro di perangkat ponsel cerdas seperti iPhone atau tablet, iPad. Berikut adalah emulator terbaik yang dapat kamu instal di perangfkat Apple.

1. Delta

4 Emulator video game terbaik untuk dipasang di iPhone atau iPad foto: apps.apple.com

Delta adalah pilihan terbaik jika kamu ingin meniru judul Nintendo klasik di iPhone. Ini adalah penerus emulator GBA4iOS yang sangat popular, dan kamu dapat mengunduhnya langsung dari App Store.

Delta mendukung sejumlah besar konsol Nintendo, seperti Game Boy, Game Boy Color, Game Boy Advance, NES, SNES, N64, dan Nintendo DS. Emulator ini menawarkan beberapa fitur fantastis, termasuk kemampuan untuk mempercepat gameplay untuk melewati bagian-bagian yang membosankan, opsi untuk menyimpan progres kamu secara manual kapan saja, dan dukungan penuh untuk pengontrol dan keyboard. Jika ingin memainkan semua game Pokemon klasik di iPhone, tidak perlu mencari yang lain selain Delta.

Kamu juga dapat menyesuaikan skin emulator yang muncul di layar iPhone dan memilih tombol untuk ditekan Delta, jadi kamu tidak perlu terus menekan tombol tertentu saat bermain. Delta juga terintegrasi dengan sangat baik dengan AirPlay. Artinya kamu dapat menghubungkan iPhone ke TV secara nirkabel saat menggunakan iPhone sebagai pengontrol. Aplikasi ini bahkan mendukung multipemain lokal.

2. DolphiniOS

4 Emulator video game terbaik untuk dipasang di iPhone atau iPad foto: X/dolphiniOS

DolphiniOS memungkinkan kamu memainkan game GameCube dan Wii di iPhone atau iPad. Dengan DolphiniOS, kamu dapat menikmati karya klasik seperti Super Mario Sunshine, The Legend of Zelda: Twilight Princess, Pikmin, dan banyak lagi.

DolphiniOS juga memungkinkan kamu meningkatkan resolusi game, dan beberapa game Wii benar-benar terlihat seperti judul modern yang tepat setelah peningkatan visual ini.

Sayangnya, DolphiniOS tidak tersedia di App Store. Artinya kamu harus melakukan sideload aplikasi menggunakan AltStore, yang bisa sedikit merepotkan. Selain itu, jika memiliki perangkat yang lebih lama, kamu harus memperhatikan bahwa pengalaman kamu mungkin tidak bagus karena emulasi Wii bisa sangat menuntut di bagian depan perangkat keras.

Setelah menginstal DolphiniOS, kamu dapat meningkatkan pengalaman bermain game ke level berikutnya dengan memanfaatkan dukunganuntuk cheat dan status penyimpanan.

3. PPSSPP

4 Emulator video game terbaik untuk dipasang di iPhone atau iPad foto: apps.apple.com

PPSSPP didedikasikan untuk meniru game PlayStation Portable (PSP) di berbagai platform, termasuk iPhone dan iPad. Meskipun seharusnya dapat menjalankan game PSP apa pun di perangkat, iPhone lama mungkin tidak menjalankan game dengan kecepatan penuh.

Mungkin salah satu fitur terbaik PPSSPP adalah memungkinkan kamu mentransfer simpanan yang ada dari PSP asli kamu. Ini berarti kamu dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang kamu tinggalkan di game seperti GTA: Vice City dan Assassin's Creed: Bloodlines.

Sangat disarankan untuk menghubungkan pengontrol ke iPhone saat menggunakan PPSSPP untuk meniru game. Kontrol sentuhnya tidak bagus, terutama karena PSP memiliki dua tombol bahu yang tidak pas di layar sentuh.

Salah satu kelemahan PPSSPP adalah kurangnya dukungan yang tepat untuk penyimpanan cloud, sehingga agak sulit untuk beralih di antara beberapa perangkat saat bermain game.

4. RetroArch

4 Emulator video game terbaik untuk dipasang di iPhone atau iPad foto: apps.apple.com

Jika kamu pernah mencoba meniru game di platform lain sebelumnya, kamu mungkin pernah mendengar tentang RetroArch. Ini adalah emulator all-in-one paling luas yang tersedia untuk iPhone dan dianggap sebagai emulator pilihan dalam komunitas game retro.

Selain emulator PlayStation, Game Boy, dan SNES, RetroArch juga mendukung platform lama, seperti Atari, DOS, MSX, Neo Geo Pocket, PC Engine, dan Sega Genesis. RetroArch menggunakan gamepad yang sama untuk semua emulator berbeda yang disertakan.

Ini membuatnya mudah untuk merasa nyaman dengan tata letak layar sentuh apa pun game yang kamu mainkan, yang dimungkinkan karena dukungan luas RetroArch. Selain itu, fitur Netplay RetroArch memungkinkan kamu terhubung ke pemain lain untuk sesi multipemain. Ini berfungsi di berbagai platform, jadi kamu dapat bermain dengan pengguna Android atau PC.

Sayangnya, menyiapkan RetroArch bisa menjadi rumit karena opsi penyesuaiannya yang luas. Namun, ini adalah pilihan yang sangat baik jika kamu mencari emulator multiguna.

Emulator menawarkan cara yang fantastis untuk menghidupkan kembali game retro favorit di iPhone. Baik kamu penggemar game klasik Nintendo, hit PlayStation, atau game dari platform lain, ada emulator yang sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun menyiapkan beberapa emulator ini mungkin memerlukan sedikit usaha, imbalan memiliki perpustakaan game bebas iklan yang luas di ujung jari kamu tentu sangat berharga. Jadi, jelajahi opsi ini, temukan game favorit kamu dan selami dunia game retro di iPhone.

(brl/red)