4 Fitur terbaik iPad yang bakal tersedia saat iPadOS 18 diluncurkan jelang akhir tahun ini

4 Fitur terbaik iPad yang bakal tersedia saat iPadOS 18 diluncurkan jelang akhir tahun ini

Techno.id - Bersama dengan iOS 18 dan macOS Sequoia, Apple mengumumkan iPadOS 18 saat gelaran Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, yang diselenggarakan pada awal Juni 2024. Acara ini mengungkapkan banyak fitur dan perubahan baru yang akan dapat dirasakan pengguna iPad.

Rencananya, iPadOS 18 build stabil akan tersedia akhir musim gugur ini, setelah build pengembang untuk iPadOS 18 dirilis. Dengan iPadOS 18, Apple mengarahkan upayanya untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna iPad dengan memungkinkan mereka menyembunyikan dan mengunci aplikasi, sekaligus merilis aplikasi Kata Sandi baru.

Selain itu, pengguna juga akan melihat beberapa fitur yang menargetkan siswa dan akan mengubah cara mereka menggunakan perangkat untuk kuliah. Beberapa contohnya Catatan Matematika, Skrip Cerdas, dan aplikasi Kalkulator yang telah lama ditunggu-tunggu. Berikut beberapa fitur terbaik yang akan dibawa iPadOS 18.

1. Aplikasi catatan matematika dan kalkulator

4 Fitur terbaik iPad yang bakal tersedia saat iPadOS 18 diluncurkan jelang akhir tahun ini foto: apple

Sementara iPad dipenuhi dengan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan siswa, satu aplikasi yang kurang sejak debutnya pada tahun 2010 adalah kalkulator. Selama ini pengguna iPad mengandalkan aplikasi kalkulator pihak ketiga.

Namun dengan iPadOS 18, Apple akhirnya memperkenalkan aplikasi Kalkulator. Sekilas aplikasi kalkulator ini terlihat mirip dengan kalkulator yang ada di perangkat Apple lain seperti iphone, tetapi dengan layar yang lebih besar.

Namun yang membedakan aplikasi ini dari kalkulator pihak ketiga gratis dan berbayar lainnya adalah fitur Catatan Matematika. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengetik atau menulis tangan persamaan matematika sederhana atau kompleks dan iPad mereka akan menyelesaikannya secara real-time. Yang lebih mengesankan adalah bahwa Catatan Matematika tidak hanya akan menyelesaikan persamaan untuk pengguna, tetapi juga akan memberikan jawaban kepada mereka dengan tulisan tangan mereka sendiri. Catatan Matematika juga dapat melacak variabel yang kamu gunakan di aplikasi Catatan, dan merujuknya saat menyelesaikan persamaan.

2. Smart Script

4 Fitur terbaik iPad yang bakal tersedia saat iPadOS 18 diluncurkan jelang akhir tahun ini foto: apple

Banyak siswa atau mahasiswa cenderung berinvestasi di iPad dan Apple Pencil dengan harapan tidak lagi menggunakan kertas dan menghindari keharusan membawa buku teks dan buku catatan besar saat berada di kampus.

Namun, setelah kamu mengunduh aplikasi pencatat dan mencoba membuat catatan tulisan tangan, kamu dapat dengan cepat menyadari bahwa catatan yang kamu buat tidak rapi meskipun kamu dapat menggunakan fitur Coretan, yang mengubah tulisan tangan menjadi teks, dan menghilangkan esensi catatan tulisan tangan.

Namun Apple memperkenalkan fitur baru yang disebut Smart Script yang berfokus untuk membuat catatan kamu lebih baik dan lebih mudah dibaca. Alih-alih mengubah tulisan tangan menjadi teks, fitur Smart Script hanya akan menyempurnakan tulisan kamu sendiri agar terlihat lebih halus dan lurus.

Smart Script menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk meniru gaya tulisan tangan kamu, dan dapat mengonversi teks apa pun yang kamu tempel menjadi tulisan tangan. Fitur ini juga memungkinkan kamu memeriksa ejaan saat kamu menulis, memindahkan tulisan tangan untuk membuat lebih banyak ruang, dan menghapus apa pun yang telah kamu tulis tangan dengan mengusapnya.

3. Kustomisasi layar beranda

4 Fitur terbaik iPad yang bakal tersedia saat iPadOS 18 diluncurkan jelang akhir tahun ini foto: apple

Selama beberapa tahun terakhir, Apple telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna dengan mudah mempersonalisasi perangkat mereka untuk membedakannya dari yang lain. Salah satunya adalah pengenalan widget di iOS 12 dan widget interaktif di iOS 17. Namun, pengguna Apple belum mendapatkan kontrol penuh bagaimana mereka menyesuaikan perangkat.

Sementara pengguna Android memiliki opsi untuk menempatkan ikon di mana pun mereka suka di Layar Beranda selama bertahun-tahun. Pengguna Apple tidak memiliki opsi penyesuaian dasar ini. Sebaliknya, setiap kali kamu mencoba memindahkan ikon di Layar Beranda, itu akan selalu secara otomatis masuk ke ruang kosong berikutnya, mengikuti format baris.

Namun dengan iPadOS 18, kini kamu dapat memindahkan ikon aplikasi ke ruang kosong mana pun di Layar Utama dan ikon akan masuk ke tempat tersebut. Selain itu, jika bosan melihat ikon lama yang sama, kini kamu juga dapat menyesuaikan bayangan dan intensitas ikon aplikasi, mengubah ukurannya, dan menghapus namanya.

4. Pusat kontrol yang didesain ulang

4 Fitur terbaik iPad yang bakal tersedia saat iPadOS 18 diluncurkan jelang akhir tahun ini foto: apple

Sejak Apple memulai debutnya di Control Center pada tahun 2013 sebagai bagian dari iOS 7, ini telah menjadi fitur yang disukai pengguna. Sebab pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi hanya dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas layar iPhone atau iPad, hingga memutar lagu baru. Pusat Kontrol membantu pengguna menghemat banyak waktu setiap hari.

Apple memperkenalkan Pusat Kontrol yang didesain ulang dengan iOS 11, yang terlihat kurang lebih sama seperti sekarang. Sejak itu, tidak ada perubahan besar pada penampilannya. Namun, dengan iPadOS 18, Apple memberikan tampilan yang benar-benar baru pada Pusat Kontrol.

Pusat Kontrol yang didesain ulang memiliki berbagai halaman yang menampung grup kontrol seperti Pemutaran Media dan Kontrol Rumah. Selain itu, pengguna dapat menjadikan Pusat Kontrol miliknya dengan menambahkan kontrol baru, grup baru, mengubah ukuran widget, dan banyak lagi. Pengguna sekarang juga dapat menukar kamera dan senter beralih dengan opsi Pusat Kontrol pilihan.

(brl/red)