4 Fitur yang membuat iPhone 16 Pro jadi incaran pengguna yang ingin memperbarui perangkat

4 Fitur yang membuat iPhone 16 Pro jadi incaran pengguna yang ingin memperbarui perangkat

Techno.id - Saat iPhone 16 Series resmi dirilis dalam acara Its Glowtime, Senin 9 September 2024, ada empat varian yang dihadirkan yakni iPhone 16. iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Dari keempat varian tersebut, banyak pengguna produk Apple yang membidik iPhone 16 Pro.

Mereka rela mengeluarkan kocek lebih tinggi ketimbang memilih iPhone 16 versi dasar. Alasannya, mereka ingin mendapatkan fitur, daya tahan, dan kualitas keseluruhan yang disertakan dengan model Pro. Berikut nilai jual iPhone 16 Pro yang membuat pengguna ingin memilikinya.

1. Tampilan yang lebih besar dan lebih baik

4 Fitur yang membuat iPhone 16 Pro jadi incaran pengguna yang ingin memperbarui perangkat foto: apple

Sementara banyak yang lebih suka smartphone kecil dan dapat dimasukkan ke dalam kantong, tidak sedikit juga yang justru senang dengan dimensi smartphone yang lebih besar. Bagi mereka, layer yang lebih besar selalu menarik.

iPhone 16 Plus menampilkan layar Super Retina XDR 6,7 inci 60Hz, sedangkan 16 Pro Max memiliki layar ProMotion 6,9 inci 120Hzlayar iPhone terbesar hingga saat ini. Banyak dari mereka yang tanpa berpikir dua kali untuk memilih kelas Pro. Selain layar yang lebih besar, model Pro juga menampilkan bezel yang lebih ramping.

2. Baterai lebih besar

4 Fitur yang membuat iPhone 16 Pro jadi incaran pengguna yang ingin memperbarui perangkat foto: apple

Bagi pengguna yang selalu bepergian dan menghabiskan sebagian besar hari di luar rumah, masa pakai baterai adalah salah satu faktor yang tidak dapat dikompromikan saat membeli smartphone baru. Apple mengklaim iPhone 16 standar menawarkan pemutaran video hingga 22 jam, sedangkan iPhone 16 Plus dapat menangani hingga 27 jam. Sementara iPhone 16 Pro menawarkan pemutaran video hingga 27 jam, tetapi Pro Max melangkah lebih jauh, hingga 33 jam.

3. Prosesor A18 Pro

4 Fitur yang membuat iPhone 16 Pro jadi incaran pengguna yang ingin memperbarui perangkat foto: apple

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus standar mengemas chip A18, sedangkan model Pro dan Pro Max menggunakan chip A18 Pro yang lebih bertenaga. Dibangun dengan teknologi 3nm generasi kedua TSMC, chip A18 Pro memiliki fitur Neural Engine 16-core, CPU 6-core, dan GPU 6-core untuk menangani tugas yang paling menuntut sekalipun.

Dengan bandwidth memori hampir 20 persen lebih banyak, A18 Pro memungkinkan peningkatan kinerja Apple Intelligence pada model Pro. Apple mengklaim chip A18 Pro berjalan hingga 15 persen lebih cepat daripada chip A17 Pro tahun lalu sambil mengonsumsi daya 20 persen lebih sedikit, membuat jajaran iPhone 16 Pro secara signifikan lebih efisien daripada pendahulunya.

Meskipun statistik ini mungkin tidak penting bagi semua orang, Kamu dapat mengharapkan kinerja yang jauh lebih baik dari model Pro, terutama jika kamu banyak melakukan banyak tugas atau bermain game.

4. Sistem kamera yang lebih baik

4 Fitur yang membuat iPhone 16 Pro jadi incaran pengguna yang ingin memperbarui perangkat foto: apple

Model iPhone 16 Pro menghadirkan sistem kamera yang lebih baik, membuat biaya tambahan bermanfaat bagi siapa saja yang memprioritaskan fotografi dan videografi. Kamera ultrawide sekarang 48MP, yang merupakan lompatan besar dari unit 12MP pada model iPhone 15 Pro.

Tidak seperti tahun lalu, kedua model Pro sekarang menyertakan lensa telefoto 5x, menawarkan kemampuan zoom yang ditingkatkan untuk bidikan jarak jauh yang lebih jelas. Selain itu, kamera fusion lebar 48MP pada model Pro dilengkapi sensor baru yang menangkap gambar lebih detail dan merekam video 4K sinematik yang lebih halus hingga 120FPS.

Meskipun kamera utama dan telefoto belum menerima peningkatan besar tahun ini, peningkatan bertahap dalam detail yang lebih halus ini membuat perbedaan yang signifikan.

Pada akhirnya, semua itu tergantung pada preferensi kamu. Jika lebih suka sering memutakhirkan iPhone, iPhone 16 atau 16 Plus mungkin merupakan pilihan yang baik. Namun, jika kamu mencari ponsel andalan untuk digunakan selama beberapa tahun dan menyukai layar yang lebih besar, direkomendasikan memilih model iPhone 16 Pro.

(brl/red)