4 Platform alternatif Android untuk mengunduh aplikasi selain Google Play Store

4 Platform alternatif Android untuk mengunduh aplikasi selain Google Play Store

Techno.id - Google Play Store tampaknya memiliki setiap aplikasi Android, tetapi sebenarnya tidak. Ada beberapa aplikasi eksklusif yang bagus justru tidak ada di dalam Google Play Store. Toko aplikasi alternatif Android menghosting beberapa aplikasi luar biasa yang dihapus Google atau tidak pernah diizinkan di platformnya.

Misalnya, NewPipe bisa menggantikan YouTube stok dengan UI yang sama sekali berbeda. Aplikasi ini ramah privasi dan menawarkan banyak fitur yang tidak akan kamu temukan pada aplikasi aslinya.

Selain itu ada juga Instander, klien alternatif untuk Instagram yang terlihat dan bekerja seperti aslinya, tetapi menambahkan beberapa tambahan yang sangat berguna. Kamu juga akan menemukan browser yang kurang dikenal seperti Cromite. Banyak dari toko alternatif ini secara eksklusif menawarkan aplikasi open source dan ramah privasi.

Faktor risiko

Tetapi tentu saja, menjelajah toko alternatif Android memiliki beberapa risiko. Saat kamu mengunduh dari toko resmi, Google akan memeriksa aplikasi di platform dengan Play Protect.

Namun, di luar toko resmi, kamu mungkin harus melakukan bootstrap dan memeriksa aplikasi sendiri. Dua risiko besar adalah privasi dan keamanan. Aplikasi Android palsu adalah ancaman nyata bahkan yang ada di Google Play Store sekalipun.

Kamu bisa menginfeksi perangkat dengan malware jika tidak hati-hati. Tetapi jika kamu tahu apa yang dilakukan dan memilih sumber yang tepat, seharusnya baik-baik saja.

Meskipun lebih merupakan gangguan daripada risiko nyata, kamu mungkin harus menghadapi beberapa masalah pembaruan otomatis. Google Play Store diam-diam menginstal pembaruan di ponsel saat tersedia. Tetapi pembaruan terkadang tertinggal saat kamu menginstal dari sumber tidak resmi. Namun, jangan khawatir, karena ada perbaikan untuk itu juga. Berikut adalah beberapa toko aplikasi alternatif yang dapat kamu jelajahi di ponsel atau tablet Android dan tentu saja dengan mempertimbangkan faktor risiko tersebut.

1. F-Droid

4 Platform alternatif Android untuk mengunduh aplikasi selain Google Play Store foto: f-droid

F-Droid adalah sumber paling popular untuk aplikasi Android sumber terbuka gratis. Ini adalah platform kecil kuno yang ada di luar toko-toko Big Tech. Platform ini menghormati privasi pengguna dan memberi mereka banyak pilihan aplikasi FOSS (free and open source software).

Platform ini memiliki aplikasi di setiap kategori, biasanya dikompilasi dari sumbernya dan diperiksa untuk potensi risiko privasi dan keamanan. Aplikasi yang meminta izin sensitif atau ingin melacak kamu akan diberi tag anti-fitur dan izin transparan sejak awal.

Setiap aplikasi di toko ini gratis, dan kebanyakan tidak tersedia di Google Play Store. F-droid juga memperbarui aplikasi secara otomatis. Tetapi jika ingin memperbarui paksa aplikasi yang diinstal, kamu dapat melakukannya dengan satu ketukan. Untuk menginstal F-droid, kamu harus melakukan sideload menggunakan file APK yang tersedia di halaman GitHub-nya.

2. Aurora Store

4 Platform alternatif Android untuk mengunduh aplikasi selain Google Play Store foto: aurora store

Aurora adalah satu-satunya pengganti sejati untuk Google Play Store. Platform ini memiliki setiap aplikasi yang dapat kamu temukan di Google Play Store. Aurora Store adalah klien open-source gratis untuk Google Play. Sama seperti NewPipe untuk YouTube atau Instander untuk Instagram.

Platform ini menarik seluruh katalog aplikasi dan game dari Google Play dan memungkinkan kamu mengaksesnya secara anonim tanpa akun Google. Kamu juga dapat masuk ke akun Google di Aurora menggunakan MicroG. Masuk memungkinkan kamu mengunduh aplikasi yang sebelumnya kamu bayar di Google Play. Setelah masuk, kamu dapat mencari dan menginstal aplikasi apa pun dengan satu ketukan. Platform ini juga menunjukkan kepada kamu anti-fitur untuk menyorot pelacak dalam aplikasi.

Karena ini adalah klien Google Play, kamu dapat mengonfigurasinya untuk memperbarui aplikasi yang diinstal secara otomatis seperti yang kamu lakukan di aplikasi resmi.

3. Droid-ify

4 Platform alternatif Android untuk mengunduh aplikasi selain Google Play Store foto: droid-ify

Droid-ify adalah toko aplikasi FOSS lainnya, seperti F-Droid tetapi berbeda dalam dua cara. Satu, platform ini memiliki desain material yang bagus. Droid-ify juga lebih cepat digunakan. Kedua, platform ini memiliki pilihan aplikasi yang lebih luas. Hal ini disebabkan platform ini memiliki lebih banyak repositori yang tersedia secara default.

Platform ini menangani pembaruan secara otomatis. Atau kamu dapat mengatur toko untuk memberi tahu saat pembaruan tersedia. Untuk kedua fitur tersebut, kamu harus memberikan akses latar belakang Droid-ify, tetapi menjalankan aplikasi di latar belakang dapat memengaruhi baterai.

4. Obtainium

4 Platform alternatif Android untuk mengunduh aplikasi selain Google Play Store foto: obtainium

Obtainium sedikit berbeda dari toko aplikasi standar. Platform ini tidak meng-host aplikasi apa pun, hanya memperbarui paket yang diinstal pada perangkat. Terlepas dari sumber aplikasi yang diunduh, apakah kamu melakukan sideload dari file APK atau mengambilnya dari toko alternatif, kamu dapat mengatur Obtainium untuk mendapatkan pembaruan rutin langsung dari sumber resmi.

Obtainium juga memungkinkan kamu menyesuaikan bagaimana menerima pembaruan dan kapan. Kamu dapat menggabungkan Obtainium dengan toko APK untuk membuat toko aplikasi modular. APKMirror adalah sumber terkemuka untuk file APK. Obtainium secara resmi mendukung APKMirror, sehingga semua aplikasi yang kamu instal darinya dapat dikonfigurasi untuk diperbarui secara otomatis.

Sejatinya selain alternatif di atas ada beberapa platform aplikasi di luar Google Play Store, seperti Amazon AppStore, dan Samsung Galaxy Store. Terpenting, setelah mengetahuinya, kamu juga wajib untuk menjelajahinya dengan aman.

(brl/red)