5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro

5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro

Techno.id - Model iPhone 16 Pro mengemas beberapa peningkatan besar, seperti chip A18 Pro yang lebih cepat dan lebih efisien serta kaca Ceramic Shield yang lebih tahan lama. Meskipun mengesankan, tetapi sebagian pengguna iPhone 15 Pro Max, belum merasa perlu untuk memperbaruinya ke seri iPhone 16 Pro. Berikut alasannya.

1. Tidak ada peningkatan kamera depan dan telefoto

5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro foto: apple

Apple belum meningkatkan kamera iPhone 16 Pro secara signifikan. Berkat sensor yang lebih baru, kamera utama dan ultrawide menjanjikan beberapa peningkatan kualitas gambar. Namun, kamera telefoto 12MP 5x dan kamera TrueDepth depan 12MP tetap tidak berubah.

Satu-satunya peningkatan adalah bahwa iPhone 16 Pro yang lebih kecil sekarang juga mengemas kamera telefoto 5x, yang sebelumnya eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max.

Ponsel kamera Android terbaik menggunakan kamera optik 5x dengan resolusi 48MP atau lebih tinggi. Google Pixel 9 Pro misalnya, bahkan menggunakan kamera selfie 42MP dengan bidang pandang yang luas. Resolusi yang lebih tinggi akan memungkinkan telefoto dan kamera depan menangkap gambar yang lebih detail dengan ketajaman yang lebih baik.

2. Penempatan tombol Action yang kurang nyaman

5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro foto: apple

Pertama kali diperkenalkan di iPhone 15 Pro, tombol Action tampaknya berguna di atas kertas. Pengguna dapat menyesuaikan tombol Action untuk memicu pintasan, membuka aplikasi pihak ketiga, mengalihkan senter, dan lainnya. Namun, Apple mengubah penempatannya pada iPhone 16 Series, dianggap terlalu tinggi sehingga kurang nyaman untuk digunakan secara teratur.

Dengan seri iPhone 16 Pro, Apple menempatkan tombol Action di lokasi yang sama, membatasi kegunaannya. Kustomisasi dan potensi tombol kurang berguna ketika sulit dijangkau. Ini adalah masalah yang lebih besar sekarang karena iPhone 16 Pro dan Pro Max menampilkan layar yang lebih besar, membuatnya sedikit lebih tinggi daripada seri iPhone 15 Pro.

3. Tidak ada fitur Apple Intelligence eksklusif iPhone 16 Pro

5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro foto: apple

iPhone 16 Pro dan Pro Max menggunakan chip A18 Pro terbaru Apple. Berdasarkan fabrikasi 3nm generasi kedua TSMC, prosesor tersebut menjanjikan lompatan kinerja yang signifikan untuk CPU, GPU, dan Neural Engine. Apple juga banyak berbicara tentang Apple Intelligence saat meluncurkan seri iPhone 16 Pro.

Meskipun mengemas begitu banyak daya, iPhone baru tidak mendapatkan akses eksklusif ke fitur Apple Intelligence apa pun. Seperti seri iPhone 15 Pro, iPhone baru hanya menjalankan tugas AI tertentu di perangkat, dengan sisanya diproses di cloud. Namun, ke depannya, chip A18 Pro iPhone 16 Pro, dengan Neural Engine yang lebih cepat, harusnya bisa mendapatkan fitur AI baru.

4. iPhone 15 Pro masih berkinerja baik

5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro foto: apple

Kurangnya fitur eksklusif Apple Intelligence pada seri iPhone 16 Pro semakin terasa ketika mempertimbangkan seberapa baik kinerja iPhone 15 Pro. Setahun setelah dirilis, chip A17 Pro di dalam iPhone 15 Pro tetap dapat bertahan dengan baik, menjalankan semua aplikasi dan game iOS favorit dengan lancar.

Sementara iOS 18.1 akan memperkenalkan Apple Intelligence dan integrasi ChatGPT diharapkan akan tiba pada akhir tahun 2024. Jadi, hampir tidak ada perbedaan antara pengalaman perangkat lunak iPhone 15 Pro dan iPhone 16 Pro. Hal ini membuat peningkatan yang terakhir hampir tidak ada gunanya.

5. Tidak ada terobosan peningkatan perangkat keras

5 Alasan mengapa pengguna iPhone 15 Pro ogah memperbarui ke iPhone 16 Pro foto: apple

Seri iPhone 16 Pro Apple hanya mengemas peningkatan perangkat keras tahunan yang biasa, chip yang lebih cepat, layar yang lebih besar, dan bezel yang lebih kecil. Tombol Kontrol Kamera kapasitif adalah satu-satunya tambahan besar tahun ini. Tetapi itu tidak akan menguntungkan alur kerja secara signifikan kecuali kamu menggunakan iPhone untuk mengambil ratusan gambar hampir setiap minggu.

Demikian pula, layar 6,3 inci dan 6,9 inci yang lebih besar merupakan peningkatan yang disambut baik tetapi bukan kebutuhan saat ini. Plus, Apple tidak menawarkan opsi multitasking baru pada iPhone 16 Pro Max untuk memanfaatkan sepenuhnya layar 6,9 inci yang lebih besar.

Sebagian pengguna iPhone 15 Pro Max, tidak melihat bagaimana memperbarui ke iPhone 16 Pro Max akan meningkatkan pengalaman pengguna harian. iPhone yang lebih baru memang menjanjikan pengalaman yang lebih halus, terutama dengan masa pakai baterai yang lebih lama dan manajemen termal yang lebih baik. Namun, alasan ini saja tidak cukup menarik untuk ditingkatkan.

(brl/red)