5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple

5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple

Techno.id - Apple baru saja mengumumkan empat iPhone baru di acara It's Glowtime pada 9 September lalu. Empat varian dari model dasar hingga yang paling canggih (iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max) dirancang untuk menjalankan kecerdasan buatan AI Apple (Apple Intelligence).

Ada beberapa fitur baru di sisi perangkat keras dan perangkat lunak pada deretan iPhone baru ini. Namun fitur mana yang sebenarnya akan berdampak paling besar pada penggemar iPhone? Berikut beberapa fitur yang benar-benar baru dari 16 Pro.

1. Zoom 5x

5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple foto: apple

Ketika Apple pertama kali merilis seri iPhone 15, Apple hanya memberikan lensa zoom tetraprisma 5x ke Max Pro. Kali ini, baik 16 Pro maupun 16 Pro Max mendapatkan kemampuan zoom kelas atas. Pilihan ini berarti kamera pada dasarnya sama pada 16 Pro dan 16 Pro Max, meninggalkan fitur lain untuk membedakan kedua model tersebut.

2. Kontrol kamera

5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple foto: apple

Salah satu fitur baru yang mendapatkan banyak perhatian adalah tombol kontrol kamera yang hadir di seluruh jajaran model iPhone 16. Dirancang untuk beroperasi mirip dengan tombol rana pada DSLR, alat ini adalah tombol fisik di sisi kanan bawah ponsel dengan kemampuan kapasitif sentuh yang merespons gesekan dan penekanan lembut.

Misalnya, penekanan ringan pada tombol memfokuskan pada subjek, dan tekan lebih keras akan mengambil foto. Selain itu, menggesek tombol beralih antara mode foto dan video atau memperbesar dan memperkecil. Mengklik dan menahan akan mengambil video.

Tombol kontrol kamera tersedia di semua model iPhone 16, tetapi ketika dipasangkan dengan kamera canggih dan prosesor A18 Pro pada iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max, Apple bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus yang membedakan Pro dan Pro Max. Fitur Visual Intelligence yang akan datang, misalnya, dipasangkan dengan prosesor A18 Pro, akan lebih cepat dan lebih efisien.

3. Perombakan Siri yang sangat dibutuhkan

5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple foto: apple

Ketika asisten virtual Apple (Siri) pertama kali dirilis pada tahun 2010, alat itu mengatur panggung untuk ekosistem teknologi asisten virtual. Setelah hampir 15 tahun, Apple meluncurkan banyak fungsionalitas baru untuk Siri, dan akan didukung Apple Intelligence.

Siri baru menyertakan konteks percakapan sehingga dapat mengambil isyarat dari apa yang baru saja kamu katakan, serta kemampuan untuk tindakan multi-langkah seperti menambahkan foto ke album tertentu dan membagikannya. Apple Intelligence akan dimulai pada versi beta pada Oktober mendatang di Amerika Serikat, disusul di negara lain pada Desember, dan bahasa tambahan tahun depan.

4. Chipset yang ditingkatkan untuk era AI

5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple foto: apple

AI generatif pihak pertama Apple (gen AI) sendiri, Apple Intelligence, akan hadir di seri iPhone 16 dan ditenagai chip A18 Pro baru. Dengan bandwidth memori 17% lebih banyak, chip A18 Pro hingga 15% lebih cepat daripada A17 Pro dan menggunakan daya 20% lebih sedikit dalam prosesnya. Selain itu, mesin tampilan canggih pada A18 Pro mendukung fitur-fitur unik seperti ProMotion dan layar selalu aktif.

Teknologi 3mm memiliki transistor yang lebih kecil dan lebih efisien, merupakan langkah maju dalam perangkat keras yang diarahkan untuk menangani AI generatif. iPhone 16 dasar hadir dengan RAM 8GB dan Pro dengan RAM 12GB. Bahkan dengan persyaratan memori AI yang menuntut, memiliki memori sebanyak ini di iPhone adalah bonus untuk kinerja keseluruhan, terutama multitasking dan memulai aplikasi.

5. iPhone terbesar

5 Fitur iPhone 16 Pro yang menjadi perhatian para penggemar produk Apple foto: apple

iPhone 16 Pro dan Pro Max adalah iPhone terbesar yang pernah ada, masing-masing dengan layar 6,3 dan 6,9 inci. Tidak hanya itu, bezel mikroskopis membuatnya terlihat lebih besar. Namun, ini adalah salah satu fitur yang pasti akan menimbulkan respons beragam dari konsumen.

(brl/red)