5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat

5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat

Techno.id - Selama acara It's Glowtime, Apple mengungkapkan seri smartphone iPhone 16, termasuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang lebih canggih. Menjanjikan koleksi peningkatan dan penyempurnaan, iPhone 16 Pro menawarkan peningkatan yang menggiurkan bagi pengguna baru atau mereka yang berpikir untuk meningkatkan dari iPhone 15 Pro.

iPhone 16 memiliki layar yang sedikit lebih besar, chip A18 yang lebih cepat, dan kamera Ultra Wide 48 megapiksel yang ditingkatkan. Selain itu, iPhone 16 Pro diluncurkan dengan beberapa pilihan warna. Inilah perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro.

1. Layar iPhone 16 Pro sedikit lebih besar

5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat foto: apple

Layar smartphone iPhone 16 Pro sedikit lebih besar dari pendahulunya. Tahun ini, Apple menyempurnakan ukuran layar model Pro dasarnya. iPhone 16 Pro memiliki layar 6,3 inci, peningkatan signifikan dari layar 6,1 inci iPhone 15 Pro.

iPhone 16 Pro berdimensi 5,89 x 2,81 x 0,33 inci (8,25 x 149,6 x 71,45mm). Meskipun ketebalannya tetap sama, iPhone 16 Pro sedikit lebih tinggi dan lebih lebar dari model tahun lalu.

Layar 6,3 inci iPhone 16 Pro ini digabungkan dengan fitur ProMotion dan layar Always On. Dari sisi bobot, iPhone 16 Pro memiliki berat 227gram, lebih berat dibanding iPhone 15 Pro Max yang hanya 221gram. Lonjakan ukuran layar ini selangkah lebih dekat ke lini Pro Max.

2. Prosesor A18 Pro

5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat foto: apple

Dengan backbone A17, chipset baru ini siap untuk mendukung kinerja yang lebih tinggi. iPhone 16 Pro memperkenalkan chipset A18 Pro yang lebih cepat. Selama acara Glowtime, Apple menyatakan bahwa chip A18 Pro memiliki CPU enam core yang 15 persen lebih cepat dari A17 Pro yang dibenamkan pada iPhone 15 Pro.

Chipset ini dibangun di atas teknologi 3nm generasi kedua. Di luar itu, A18 Pro mampu meningkatkan kekuatan pemrosesan serta membantu mendukung kinerja Apple Intelligence (AI) dan pembelajaran mesin. Karena Apple memanfaatkan fitur Apple Intelligence AI bawaan, Neural Engine 16-core A18 Pro akan sangat penting untuk kesuksesannya.

Selain itu chip A18 juga mendukung ray-tracing dan frame rate hingga lima kali lebih tinggi dibanding pendahulunya. Apple juga mengumumkan Honor of Kings: World akan menjadi game terbaru yang dioptimalkan untuk silikon Apple.

3. Memperkenalkan kontrol kamera

5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat foto: apple

Di iPhone 16 Pro, Apple juga memperkenalkan fitur yang mempermudah untuk mengambil foto dan video. iPhone 16 Pro memperkenalkan tombol baru, bergabung dengan jajaran di samping tombol daya, volume, dan Tindakan (Action). Apple menjelaskan bahwa tombol Camera Control baru dirancang untuk memudahkan pengambilan foto dan video. Terletak di sisi yang sama dengan tombol daya iPhone, tombol kamera memiliki beberapa kegunaan untuk pengambilan konten.

Seperti yang dijelaskan Apple, menekan tombol dengan ringan akan mengaktifkan fokus otomatis, dan menggesek tombol ke kiri atau kanan mengaktifkan fungsi zoom-in dan zoom-out. Dengan menekan tombol Kontrol Kamera, pengguna dapat mengambil foto sederhana. Sementara tombol Action bisa digunakan untuk merampingkan pengambilan konten, memo suara atau mencatat catatan. Fitur ini juga tersedia pada iPhone 15 standar.

4. iPhone 16 Pro Apple memperkenalkan lensa ultra-lebar 48 megapiksel

5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat foto: apple

Melengkapi kamera utama 48 megapiksel, iPhone 16 Pro menyertakan lensa ultra lebar baru. Sayangnya, iPhone 16 Pro terus menggunakan kamera utama 48 megapiksel yang sama dengan aperture f/1.78 seperti iPhone 15 Pro.

Meskipun demikian, shutterbug dapat menantikan lensa ultra-lebar 48 megapiksel baru dengan aperture f/2.2. Selain lensa Ultra-Wide, iPhone 15 Pro juga akan mengadopsi lensa Telefoto Tetraprism yang eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max tahun lalu.

Selain itu, iPhone 16 Pro Apple mendapatkan berbagai fitur kamera baru. Ini termasuk kemampuan untuk merekam video 4K pada 120fps, yang sempurna untuk video gerak lambat. iPhone 16 Pro juga mendapatkan dukungan untuk video ProRes 4K saat terhubung ke penyimpanan eksternal. Plus, ada perangkat lunak bawaan untuk mengurangi kebisingan latar belakang selama pengambilan video.

5. iPhone 16 Pro menampilkan pilihan warna baru

5 Perbedaan iPhone 16 Pro dengan iPhone 15 Pro, layar lebih lebar dan prosesor lebih cepat foto: apple

Meskipun ada beberapa opsi yang sudah dikenal, Desert Titanium menjadi sorotan. Dalam mode khasnya, Apple kembali memanfaatkan nada warna yang sudah dikenal di seluruh jajaran iPhone 16 Pro. Tahun ini, pengguna akan menemukan iPhone 16 Pro tersedia dalam empat warna, titanium alami, titanium putih, titanium hitam, dan titanium desert baru.

Sementara iPhone 15 Pro tersedia dalam titanium alami, titanium biru, titanium putih, dan titanium hitam. iPhone 16 Pro terus menekankan penggunaan lapisan titanium. Jalur warna titanium sedikit diubah, dengan nada warna yang lebih gelap untuk titanium hitam dan nada yang lebih terang untuk titanium putih. Di sisi iPhone 16, warna tahun ini meliputi hitam, putih, merah muda, teal, dan ultramarine.

(brl/red)