5 Rekomendasi aplikasi self theraphy, bantu lepaskan stress

5 Rekomendasi aplikasi self theraphy, bantu lepaskan stress

Techno.id - Depresi dan stress dapat dialami siapa saja. Masalah mental semacam ini tentu saja menghambat produktivitas serta menurunkan kualitas hidup. Namun ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan melakukan terapi. Dengan kemajuan teknologi, kini banyak platform yang memungkinkan kamu melakukan selftherapy.

Beberapa platform untuk selftherapy diciptakan bukan tanpa alasan, masalah mental yang dialami khususnya generasi millenial saat ini menjadi isu utama yang menjadi perhatian. Untuk mengetahui lebih lanjut, Techno.id telah merangkum beberapa rekomendasi platform yang dapat kamu gunakan untuk selftherapy.

1. What's Up

Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang sering mengalami stress, depresi, dan masalah mental lainnya. What's Up menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna mengelola stress. Selain itu, terdapat fitur untuk melatih teknik pernapasan, habit tracker, serta buku harian yang dapat mencatat perubahan mood kamu.

2. Breathe2Relax

Aplikasi Breathe2Relax dapat menjadi alat bantu kamu untuk mengendalikan stress. Aplikasi pengendali stress ini memberikan kamu panduan untuk melatih pernapasan serta teknik lain yang membuat kamu tenang.

5 Rekomendasi aplikasi self theraphy, bantu lepaskan stress foto:unsplash/stefano-pollio

3. Riliv

Aplikasi Riliv juga dapat menjadi jawaban atas kecemasanmu. Tersedia fitur-fitur yang sangat berguna untuk mengelola stress yang kamu alami. Kamu dapat melakukan meditasi online, mengakses cerita pengantar tidur, serta artikel-artikel bermanfaat terkait masalah kesehatan mental.

Tidak hanya itu, aplikasi ini menyediakan fitur konseling online yang memungkinkan kamu berkonsultasi secara langsung kepada ahlinya. Untuk mendapatkan pengalaman menggunakan secara lengkap kamu perlu mengupgrade aplikasi dengan berlangganan secara berbayar.

4. Gratitude: Personal Growth and Affirmations Journal

Salah satu faktor depresi yang dialami kebanyakan orang ialah hal-hal negatif yang telah menyita pikiran. Sehingga semua hal-hal postif yang terjadi dalam hidup seakan tidak tampak nyata.

Dengan kamu menuliskan hal-hal positif yang telah kamu alami di jurnal digital dapat membantu kamu mengantisipasi pikiran negatif yang berlebihan yang menyebabkan sress. Sehingga dengan mencatat hal-hal postif diharapkan dapat meningkatkan rasa syukur juga rasa percaya diri dalam mengahdapi segala masalah.

5. Fabolous: Daily Motivation

Hal yang dapat memicu stres diantaranya karena kurang manajeman diri dan waktu. Pola makan serta istirahat yang tidak beraturan dapat memicu terjadinya stres. Dengan menggunakan aplikaisi Fabolous kamu dapat melatih diri menjadi seseorang yang terorganisasi dan teratur dalam menjalani hidup keseharian. Terdapat fitut habit tracker, manajemen waktu serta panduan meditasi online.

Magang:Idris Fahmi

(brl/red)