6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video

Techno.id - Idealnya saat melakukan rekaman audio dan video seharusnya dilakukan di ruang yang tenang. Namun, faktanya kebanyakan dari kita justru sering melakukannya di luar ruang yang penuh dengan kebisingan (noise) seperti lalu lintas.

Jika memiliki rekaman yang terganggu noise dan kamu ingin memperbaikinya, sekarng bisa menggunakan alat AI. Beberapa alat AI ini dapat membantu kamu meminimalisir suara kebisingan di latar belakang rekaman.

1. Adobe Enhance Speech

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video foto: adobe

Enhance Speech besutan Adobe ini bisa dibilang paling mumpuni untuk membersihkan kebisingan latar belakang dan sangat mudah digunakan. Alat ini bisa membuat audio atau video kamu terdengar seperti direkam di ruang kedap suara hanya dalam satu klik. Jika kamu pernah mencoba menghilangkan kebisingan latar belakang dari video di Android atau iOS, penggunaan alat AI ini akan sangat membantu.

Fitur Adobe Enhance Speech paling baik digunakan untuk menghilangkan kebisingan ringan, di mana suara utama dapat dibedakan dari kebisingan latar belakang. Alat ini gratis digunakan untuk file audio. Namun, kamu memerlukan langganan Adobe Express Premium sebesar USD11.49 atau sekitar Rp189 ribu per bulan untuk menghilangkan noise dari file video.

2. Audio Enhancer

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video foto:audio enhancer

Audio Enhancer dapat melakukan pekerjaan luar biasa untuk membersihkan kebisingan latar belakang dari rekaman audio. Bukan itu saja, alat AI ini juga mampu membersihkan dan meningkatkan kualitas rekaman pidato serta memperbaiki tingkat kenyaringan.

Setelah mengunggah rekaman audio, kamu diminta untuk memilih peningkatan apa yang ingin dilakukan. Setelah itu, kamu juga diminta untuk memilih tipe konten. Opsi penyesuaian ini pada tingkat penggunaan gratis memastikan mendapatkan hasil yang kamu sukai. Sementara paket pro menawarkan akses ke lebih banyak fitur dengan harga mulai dari USD10 atau sekitar Rp164 ribu per bulan.

3. Audo Studio

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video foto:audo studio

Audo Studio mampu menghilangkan kebisingan dan gema latar belakang. Alat Ai ini mirip dengan Adobe Speech Enhance dalam hal kemudahan penggunaan. Output Audo Studio cukup memuaskan. Pengguna bisa mendapatkan gratis 20 menit peningkatan audio setiap bulan. Untuk paket pro dibanderol mulai dari USD12 atau sekitar Rp197 ribu per bulan.

4. Lalal.ai

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video foto: lalal.ai

Lalal.ai adalah pembersih suara AI yang memisahkan suara dari kebisingan latar belakang dalam file audio dan video. Alat AI ini memungkinkan kamu membersihkan file dan mendengarkannya secara gratis. Namun, kamu memerlukan langganan pro untuk mengunduh file yang dibersihkan. Paket Lalal.ai pro didasarkan pada penggunaan yang dibanderol mulai dari USD18 atau sekitar Rp296 ribu untuk 90 menit audio yang dibersihkan.

5. CapCut

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video foto: capcut

CapCut juga menawarkan fitur pengurangan kebisingan yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan kebisingan latar belakang dari file video. Alat AI ini ramah pengguna dan berfungsi dengan baik ketika kamu perlu membersihkan suara dalam video yang diedit. Plus, alat ini tersedia di selular dan desktop.

Peredam bising CapCut gratis bisa digunakan tanpa batas. Ini adalah rekomendasi yang mudah disimpan untuk beberapa masalah privasi dari beberapa pengguna. CapCut juga relatif aman digunakan.

6. Podcastle

6 Alat AI untuk menghilangkan noise latar belakang dengan mudah dalam perekaman audio atau video foto:podcastle

Podcastle mengubah rekaman berisik menjadi audio yang dipoles dengan fitur "Magic Dust" bertenaga AI. Fitur ini merupakan bagian dari rangkaian fitur pengeditan audio yang lebih luas yang ditawarkan Podcastle. Kamu dapat mengunggah audio, mengedit, dan kemudian menggunakan fitur Magic Dust untuk membiarkan AI membersihkan suara.

Podcastle memerlukan langganan untuk menggunakan fitur pembersihan kebisingan latar belakang ini dan serangkaian fitur Pro lainnya. Paket mulai dari USD23.99 atau sekitar Rp394 ribu per bulan bulan atau USD11.99 atau sekitar Rp197 ribu per bulan bila dibayar setiap tahun.

(brl/red)