6 Aplikasi kesehatan di iPhone untuk membantu kamu menjaga kesehatan dan kebugaran

6 Aplikasi kesehatan di iPhone untuk membantu kamu menjaga kesehatan dan kebugaran

Techno.id - Saat ini semakin banyak aplikasi yang dapat kamu akses di gadget untuk membantu menjaga kebugaran. Perangkat seperti iPhone dapat membantu kamu mengambil alih dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Dipasangkan dengan aplikasi yang tepat, kamu dapat berlari lebih jauh, mencetak rekor baru, memenuhi tujuan kesehatan, dan melacak manfaat kesehatan yang dapat kamu rasakan. Berikut beberapa aplikasi untuk iPhone yang dapat kamu akses untuk melacak kebugaran.

1. Apple Health

6 Aplikasi kesehatan di iPhone untuk membantu kamu menjaga kesehatan dan kebugaran foto: apple

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kebugaran adalah dengan melacak metrik yang berbeda untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang di mana kamu perlu melakukan perbaikan. Aplikasi ini dapat membantu kamu tetap termotivasi dengan memvisualisasikan efek dari perubahan gaya hidup.

Apple Health adalah pusat kesehatan lengkap yang dimatkan di dalam iPhone. Kamu dapat menggunakannya untuk melacak berat badan, memperkirakan kebugaran kardiovaskular (VO2 max), melacak langkah harian, mencatat jarak berjalan dan berlari, dan banyak lagi.

Aplikasi ini bahkan akan mengekstrapolasi data kamu ke dalam tren, yang memberi gambaran apakah kamu sedang tren naik atau turun dalam hal kebugaran secara keseluruhan. Jika tujuan kamu adalah menurunkan berat badan, melihat kemajuan pada grafik dari waktu ke waktu sangat memotivasi.

Hal yang sama berlaku untuk jumlah langkah harian, energi keseluruhan yang dikeluarkan, jumlah latihan yang kamu lakukan per minggu, dan jika data tersedia, istirahat detak jantung dan waktu pemulihan olahraga.

Aplikasi ini terintegrasi dengan sumber data lain, termasuk perangkat yang dapat dikenakan seperti Apple Watch atau Fitbit dan aplikasi pihak ketiga yang melacak olahraga dan kalori yang dikonsumsi. Dengan mengumpulkan semua data ini di satu tempat, kamu dapat membuat dasbor di dalam aplikasi yang memberi gambaran lebih jelas tentang kebugaran kamu secara keseluruhan.

Data yang dikumpulkan di aplikasi ini dienkripsi dan diselaraskan di antara perangkat menggunakan iCloud. Gunakan aplikasi ini untuk membuat ID Medis yang dapat mengidentifikasi kamu di layar kunci iPhone, atau mendapatkan pengingat tentang obat apa pun yang perlu kamu minum. Kamu bahkan dapat membagikan data ini dengan praktisi medis jika mau.

2. Cronometer

6 Aplikasi kesehatan di iPhone untuk membantu kamu menjaga kesehatan dan kebugaran foto: apps.apple.com

Jika manajemen berat badan adalah tujuan utama, memahami apa yang kamu makan dan mengonsumsi jumlah kalori yang tepat sangat penting. Di situlah aplikasi pelacakan makanan berfungsi. Aplikasi ini menghilangkan banyak tebakan untuk mencapai target diet. Cronometer adalah salah satu yang terbaik di App Store.

Sebelumnya ini merupakan aplikasi berbayar. Namun kini Cronometer memiliki opsi gratis yang bisa kamu coba. Namun jika ingin mendapatkan fitur lengkap kamu bisa berlangganan Cronometer Gold seharga USD9.99 atau sekitar Rp162 ribu per bulan untuk menghilangkan iklan, mengakses resep berbasis web, menggunakan pengatur waktu puasa, dan mendapatkan lebih banyak wawasan dan saran tentang apa yang harus kamu makan.

Semua pengguna dapat mencatat asupan makanan, yang mencakup makanan kemasan yang sudah ada di database, makanan khusus, dan resep. Kamu dapat memindai kode batang untuk menambahkan makanan ringan atau makanan dan mencatat data olahraga dan biometrik seperti detak jantung dan tekanan darah. Cronometer juga terhubung ke Apple Health untuk secara otomatis menggabungkan data Apple Watch dan mengisi catatan kesehata kamu.

Selain melacak asupan dan pengeluaran energi secara keseluruhan, Cronometer juga dapat membantu menemukan kesenjangan dalam diet. Kamu mungkin menemukan bahwa perlu mendapatkan lebih banyak makronutrien tertentu seperti seng atau zat besi. Kamu mungkin juga dapat mengidentifikasi apakah mendapatkan terlalu banyak kafein atau natrium.

3. Nike Run Club

6 Aplikasi kesehatan di iPhone untuk membantu kamu menjaga kesehatan dan kebugaran foto: apps.apple.com

Nike Run Club adalah pelacak dan pelatih lari gratis yang dapat kamu unduh dan gunakan terlepas dari apakah kamu memakai merek berlogo centang tersebut. Semua yang ada di dalam aplikasi ini gratis digunakan, tanpa langganan premium. Meskipun aplikasi ini bebas iklan, namun perlu diakui bahwa ini pada akhirnya adalah iklan raksasa untuk Nike.

Kamu harus membuat akun untuk menggunakan aplikasi ini. Masuk dan berikan aplikasi akses ke Apple Health untuk membaca dan menulis data aktivitas ke perangkat kamu dan lokasi untuk melacak lari kamu. Kamu kemudian dapat memulai lari atau memilih sesuatu yang lebih disesuaikan dengan tujuan kamu.

Aplikasi ini mencakup beberapa rencana untuk semua tingkat kemampuan, termasuk pengenalan empat minggu yang ramah pemula, rencana untuk bekerja menuju 5K pertama kamu, dan rencana pelatihan maraton 18 minggu untuk mendorong segalanya lebih jauh. Kamu juga dapat menetapkan tujuan jarak, waktu, dan kecepatan untuk lari individu jika itu lebih sesuai keinginan.

Aplikasi ini juga menyertakan lari terpandu yang dapat memberikan umpan balik real time tentang kecepatan. Ada lebih dari 250 yang disertakan, mulai dari interval sprint hingga 5K, 10K, dan seterusnya. Aplikasi ini terintegrasi dengan Apple Music dan Spotify, jadi kamu tidak perlu memilih antara panduan dan musik.

Papan peringkat melengkapi segalanya, dengan tantangan yang dapat kamu ikuti untuk menjaga kamu tetap termotivasi. Kamu bahkan dapat menambahkan anggota Nike Run Club lain sebagai teman untuk merangsang persaingan yang sehat.

Jika kamu baru mengenal lari dan tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana tetap termotivasi, aplikasi ini sangat ideal karena kamu tidak perlu membayar sepeser pun atau membeli sepasang sepatu olahraga yang mahal untuk memulainya.

(brl/red)