6 Manfaat menggunakan travel router untuk traveling, jauh lebih aman daripada Wi-Fi publik  

6 Manfaat menggunakan travel router untuk traveling, jauh lebih aman daripada Wi-Fi publik  

Techno.id - Beberapa dari kita mungkin sering bepergian. Ke mana pun pergi, satu hal yang kerap bikin repot adalah harus selalu terhubung ke internet. Kamu bisa menggunakan jaringan di hotel, terutama jika perlu menghubungkan beberapa perangkat.

Namun, bagaimana jika sedang di perjalanan? Menggunakan Wi-Fi publik bisa jadi solusi. Tetapi pertimbangkan risiko keamanan. Maklum, Wi-Fi publik kerap menjadi tempat bagi para peretas untuk mencuri data pengguna.

Nah daripada ribet dan tidak aman, apalagi jika kamu sedang traveling ke luar negeri, travel router atau modem portable bisa menjadi solusi. Berikut beberapa manfaat menggunakan travel router.

1. Kemudahan koneksi selama perjalanan

6 Manfaat menggunakan travel router untuk traveling, jauh lebih aman daripada Wi-Fi publik foto: freepik/andranik.h90

Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat bepergian adalah harus menghubungkan semua perangkat kamu ke jaringan Wi-Fi baru setiap kali berpindah tempat. Ponsel, tablet, laptopsemakin banyak kamu harus terhubung, semakin merepotkan. Memiliki travel router menyederhanakan proses ini karena kamu hanya perlu menghubungkan satu perangkat ke jaringan baru.

Perangkat lain, seperti ponsel dan laptop, tetap dapat terhubung ke travel router ke mana pun kamu pergi. Kapan pun kamu perlu terhubung ke jaringan baru, cukup sambungkan travel router dan semua perangkat yang terhubung dengannya akan memiliki akses internet.

2. Menambahkan lapisan keamanan

6 Manfaat menggunakan travel router untuk traveling, jauh lebih aman daripada Wi-Fi publik foto: freepik

Berbicara keamanan siber, terhubung ke jaringan publik dapat menimbulkan risiko keamanan. Menghubungkan laptop atau ponsel langsung ke jaringan publik bisa mengkhawatirkan. Namun, dengan travel router, kamu tidak perlu khawatir. Tidak ada yang akan dapat melihatnya. Namun, saat menggunakan travel router, kamu harus mengikuti tindakan pencegahan keamanan yang sama seperti menggunakan VPN. Beberapa travel router bahkan mendukung layanan VPN di di dalamnya.

3. Menyiasati batas perangkat yang terhubung

6 Manfaat menggunakan travel router untuk traveling, jauh lebih aman daripada Wi-Fi publik foto: freepik

Beberapa jaringan publik memiliki batasan tentang berapa banyak perangkat yang diizinkan untuk dihubungkan. Nah bukan masalah besar jika kamu hanya ingin menghubungkan laptop. Tetapi bagaimana jika kamu memiliki beberapa perangkat untuk dihubungkan, atau jika kamu bepergian dengan keluarga atau teman yang semuanya perlu menggunakan jaringan yang sama?

Sekali lagi, di sinilah travel router berfungsi sebagai solusi untuk masalah tersebut. Kamu dapat menghubungkan perangkat sebanyak yang diinginkan ke travel router.

(brl/red)