6 Media sosial lawas yang masih bisa digunakan hingga saat ini, cocok untuk yang ingin bernostalgia

6 Media sosial lawas yang masih bisa digunakan hingga saat ini, cocok untuk yang ingin bernostalgia

Techno.id - Banyak platform media sosial telah datang dan pergi, meninggalkan jejak nostalgia. Namun, beberapa media sosial favorit lawas masih tetap bertahan dalam ujian waktu dan masih dapat diakses pengguna hingga saat ini. Berikut enam media sosial lawas (klasik) yang terus bertahan hingga saat ini.

1. MySpace

6 Media sosial lawas yang masih bisa digunakan hingga saat ini, cocok untuk yang ingin bernostalgia foto: myspace

MySpace adalah wajah media sosial di masa jayanya. Diluncurkan pada tahun 2003, setahun sebelum Facebook, dengan cepat menjadi fenomena budaya. MySpace adalah jejaring sosial pertama yang menjangkau khalayak global, memengaruhi budaya pop dan musik secara signifikan.

Media sosial ini adalah surga untuk menemukan musik dan artis baru, yang berkontribusi signifikan terhadap popularitasnya. Beberapa fitur terbaik MySpace adalah musik dan profil yang lebih pribadi. Meskipun mengalami penurunan dalam menghadapi kebangkitan Facebook, MySpace masih aktif hingga saat ini, lebih berfokus melayani sebagai platform bagi musisi dan entertainer.

Kamu dapat memeriksa MySpace menggunakan situs web atau versi Android. Jika kamu adalah pengguna lama, mungkin melihat beberapa file kamu hilang. Itu karena MySpace kehilangan file yang diunggah selama 12 tahun selama latihan migrasi server pada tahun 2015.

2. Tumblr

6 Media sosial lawas yang masih bisa digunakan hingga saat ini, cocok untuk yang ingin bernostalgia foto: tumblr

Tumblr mengukir ceruk sebagai platform untuk ekspresi kreatif. Format mikroblognya sangat cocok untuk berbagi GIF, seni, dan pemikiran cepat, menarik basis pengguna yang beragam.

Tumblr menghadapi penurunan pengguna yang signifikan setelah melarang konten dewasa. Media sosial ini juga telah mengalami beberapa perubahan kepemilikan, yang terbaru adalah akuisisi oleh Automattic, perusahaan induk WordPress. Terlepas dari perubahan ini, Tumblr tetap menjadi situs tujuan untuk konten ekspresif dan komunitas yang dinamis.

3. LiveJournal

6 Media sosial lawas yang masih bisa digunakan hingga saat ini, cocok untuk yang ingin bernostalgia foto: livejournal

LiveJournal dimulai sebagai platform blog sederhana tetapi berkembang menjadi komunitas di mana pengguna dapat berbagi cerita pribadi dan bergabung dengan grup dengan minat yang sama. Terlepas dari fitur komunitasnya yang kuat, platform ini berjuang untuk bersaing dengan kebangkitan raksasa media sosial lainnya.

Keputusannya untuk memindahkan server ke Rusia pada tahun 2016 menimbulkan kekhawatiran tentang sensor dan privasi data, yang menyebabkan penurunan selanjutnya. Terlepas dari penurunan pengguna Barat, LiveJournal tetap aktif, terutama di negara-negara berbahasa Rusia, di mana media sosial ini terus menjadi platform blog yang popular.

(brl/red)