7 Alat AI yang bisa menjawab pertanyaan dari dokumen PDF, menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah

7 Alat AI yang bisa menjawab pertanyaan dari dokumen PDF, menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah

Techno.id - Jika kamu terbiasa bekerja atau menyelesaikan tugas dengan dokumen atau file PDF, kini semakin mudah mengerjakannya. Sebab, saat ini beberapa chatbot AI dapat membaca PDF.

Namun baik untuk studi atau pekerjaan, menelusuri file PDF yang panjang untuk menemukan informasi tertentu bisa menjadi sangat membosankan. Tetapi kamu dapat mempermudah segalanya menggunakan alat AI yang menjawab pertanyaan dari PDF, mengurangi waktu yang kamu habiskan untuk mencari data tertentu. Berikut adalah beberapa platform berbasis AI yang dapat langsung menjawab pertanyaan dari file atau dokumen PDF.

1. AskYourPDF

7 Alat AI yang bisa menjawab pertanyaan dari dokumen PDF, menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah foto: askyourpdf

Ini adalah alat bertenaga ChatGPT yang memungkinkan kamu mengunggah PDF dan mendapatkan informasi yang relevan dalam hitungan menit. Setelah mengunggah dokumen, kamu dapat memasukkan pertanyaan tentang apa pun di PDF dan mendapatkan jawaban langsung.

Dengan menggunakan teknik mendorong AI yang berbeda seperti menugaskannya sebagai guru, kamu dapat menggunakan AskYourPDF untuk memahami topik kompleks yang dibahas dalam file. Selain PDF, kamu dapat mengunggah jenis file lain, termasuk PPT, TXT, CSV, dan lainnya.

Kamu juga dapat mengekspor obrolan sebagai PDF untuk referensi di masa mendatang. Demikian juga, ada opsi untuk membagikan tautan unik yang memungkinkan orang lain mengobrol dengan dokumen yang kamu unggah. Yakinlah, itu tidak akan menampilkan riwayat obrolan kamu kepada mereka.

AskYourPDF memiliki paket gratis dan berbayar. Paket gratis mendukung file hingga 15 MB dan membatasi percakapan menjadi satu per hari. Paket berbayar mulai dari USD11,99 atau sekitar Rp192 ribu per bulan dan menawarkan dukungan OCR dan peningkatan batas ukuran file. Meskipun AskYourPDF berfungsi dengan baik, kamu harus belajar menulis petunjuk yang efektif untuk hasil terbaik.

2. ChatPDF

7 Alat AI yang bisa menjawab pertanyaan dari dokumen PDF, menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah foto: chatpdf

ChatPDF adalah alat yang memungkinkan kamu mengobrol dengan PDF. Untuk memulai, unggah PDF dari perangkat kamu atau ambil dari URL. ChatPDF menggunakan GPT 3.5 dan mendukung banyak bahasa.

Meskipun tidak dapat membaca gambar dalam PDF, alat ini dapat memahami data tabular. Alat ini juga menyimpan riwayat obrolan dan memungkinkan kamu mengekspornya. Seperti AskYourPDF, alat ini memiliki fitur yang memungkinkan kamu membagikan dokumen melalui tautan.

Berhati-hatilah bahwa tanggapan ChatPDF juga dapat berisi informasi yang tidak disebutkan dalam file yang diunggah. Jadi pastikan untuk memeriksa ulang jawaban apa pun.

Alat ini memiliki paket gratis dan berbayar. Akun gratis ChatPDF membatasi ukuran file hingga 120 halaman dan mengunggah dokumen hingga dua halaman per hari. Memutakhirkan ke paket ChatPDF Plus seharga USD11,99 atau sekitar Rp192 ribu per bulan.

3. Documind

7 Alat AI yang bisa menjawab pertanyaan dari dokumen PDF, menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah foto: documind

Hal terbaik tentang Documind adalah kamu dapat mencari informasi dari beberapa PDF secara bersamaan. Pertama, alat ini memungkinkan kamu mengunggah dokumen satu per satu atau dalam jumlah besar. Kemudian, kamu dapat mengunjungi dasbor dan mulai mengajukan pertanyaan. Documind akan memindai semua dokumen untuk menemukan jawabannya.

Selain memungkinkan kamu menemukan informasi spesifik dari PDF, Documind juga dapat membuat ringkasan dokumen yang panjang. Fitur Documind menarik lainnya adalah kamu dapat mengunggah PDF untuk membuat chatbot sendiri dan menambahkannya ke situs web kamu.

Dengan cara ini, kamu dapat menggunakannya sebagai agen dukungan pelanggan. Tentu saja, kamu juga dapat menggunakannya secara internal di dalam tim.

Namun, Documind memberikan satu kredit gratis, yang setara dengan satu pertanyaan, jadi pastikan itu diperhitungkan. Selain itu, kamu harus meningkatkan ke tingkat Premium+, dengan biaya USD19,93 atau sekitar Rp320 ribu per bulan dan menyediakan akses API.

4. LightPDF

7 Alat AI yang bisa menjawab pertanyaan dari dokumen PDF, menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah foto: lightpdf

LightPDF memiliki lusinan alat untuk mengonversi, melindungi, dan mengedit PDF, termasuk chatbot AI untuk membaca file PDF. Alat ini memberikan jawaban cepat atas pertanyaan kamu dan menghasilkan ringkasan, garis besar, dan tabel dari dokumen yang diunggah.

Salah satu fitur LightPDF yang paling praktis adalah menampilkan nomor halaman file tempat informasi diekstraksi sehingga kamu dapat memeriksanya kembali dengan cepat.

Dari Pengaturan, kamu dapat mengubah bahasa atau beralih ke mode yang lebih presisi atau kreatif. LightPDF tidak terbatas pada PDF, alat ini juga mendukung file Excel, Word, dan PPT. Untuk mengunggah PDF dengan lebih dari 100 halaman atau file dalam format selain PDF, kamu harus meningkatkan ke paket berbayar. Meskipun LightPDF bekerja dengan mulus di browser, LightPDF juga memiliki aplikasi selular dan desktop.

(brl/red)