7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series

Techno.id - Apple bakal memperkenalkan iPhone 16 Series, yang akan disertai dengan Watch Series 10 baru, dan beberapa aksesori di acara "It's Glowtime" yang akan digelar pada 9 September 2024. Sebagian besar pecinta produk Apple menantikan iPhone 16 Series, yang kabarnya akan hadir dalam empat model berbeda iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Jika kamu adalah seseorang yang menantikan iPhone yang akan datang, inilah beberapa fitur dan spesifikasi iPhone 16 Series yang perlu kamu ketahui.

1. Empat iPhone dalam ukuran berbeda

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: X/@sonnydickson

Seperti pendahulunya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan terus menawarkan panel OLED kecepatan refresh 60Hz. Sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan hadir dengan kecepatan refresh 120Hz.

2. Desain yang mirip dengan pendahulunya

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: X/@kaubin

Dari sisi desain, seri iPhone 16 akan mirip dengan pendahulunya. Menurut bocoran, iPhone 16 dan 16 Plus kemungkinan akan tersedia dalam warna Hitam, Putih, Hijau, Kuning, Merah Muda, Biru, dan Ungu yang menampilkan bagian belakang kaca dan bingkai aluminium.

Sementara iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam warna Titanium Hitam, Titanium Putih, Titanium Abu-abu, dan Titanium Emas yang menampilkan bagian belakang kaca dan bingkai titanium. Berbeda dengan pendahulunya, bingkai titanium pada seri iPhone 16 Pro dikabarkan memiliki hasil akhir yang mengkilap, mirip dengan iPhone 14 Pro.

3. Menggunakan chip A18 yang sama

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: X/@majin bu

Berbeda dengan seri iPhone 15 yang menggunakan chip berbeda untuk model pro dan non-pro, seluruh seri iPhone 16 dikabarkan ditenagai chip A18. iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max kemungkinan akan mengemas A18 Pro yang memiliki kecepatan tinggi, dengan kecepatan clock CPU yang lebih tinggi dan lebih banyak inti GPU. Chip ini akan sedikit lebih cepat daripada chip A18 pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, dan kedua prosesor kabarnya akan dibuat Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC) menggunakan proses manufaktur 3nm mutakhir.

Selain chip baru, keempat varian iPhone 16 kemungkinan akan dilengkapi setidaknya 8 GB RAM, terutama untuk mendukung Apple Intelligence. Kali ini, baik iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir mulai dari penyimpanan 256 GB hingga 2 TB. Sedangkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mulai dari 128 GB hingga varian 512 GB.

4. Seri iPhone 16 Pro mendapatkan lensa sudut ultra lebar baru

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: X/@majin bu

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diperkirakan akan mengemas perangkat keras kamera yang serupa dengan pendahulunya. Sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max kabarnya akan menerima lensa sudut ultra lebar yang ditingkatkan dengan resolusi 48 MP. Selain itu, iPhone 16 Pro, sama seperti iPhone 15 Pro Max, akan menerima kamera telefoto baru dengan kemampuan zoom optik 5x.

Kamera baru yang disejajarkan secara vertikal pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dikatakan mampu merekam video spasial dengan dukungan pemutaran 3D di Apple Vision. Kemampuan perekaman video masih diharapkan terbatas pada resolusi 4K tetapi dapat menawarkan perekaman bit-rate yang lebih tinggi dengan rekaman yang lebih stabil.

5. Tombol tangkap baru dan tombol tindakan yang lebih besar

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: X/@majin bu

Sepertinya desas-desus tentang Apple meluncurkan iPhone tanpa tombol cukup jauh. Karena alih-alih menghapus tombol, Apple justru menambahkan beberapa di antaranya dengan seri iPhone 16, yang akan menerima tombol aksi yang lebih besar. Ini pertama kali diperkenalkan pada iPhone 15 Pro, bersama dengan tombol tangkap, untuk membantu pengguna mengambil foto di iPhone mereka seperti yang mereka lakukan di kamera digital.

6. Apple Intelligence

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: apple

Berkat chip A18 baru di seluruh jajaran, keempat varian iPhone 16 kabarnya dapat mendukung Apple Intelligence. Selain itu, Apple juga memperkenalkan beberapa fitur Apple Intelligence baru yang dibatasi untuk seri iPhone 16. Keempat model perangkat anyar ini akan dikirimkan dengan iOS 18, tetapi harus menunggu beberapa bulan untuk bisa menggunakan Apple Intelligence, yang akan diperkenalkan pada pembaruan perangkat lunak iOS 18.1.

7. iPhone 16 Pro Max memiliki baterai terbesar

7 Fitur dan spesifikasi yang rencananya bakal hadir di iPhone 16 Series foto: X/@majin bu

Menurut laporan OvO Baby Sauce di Weibo, iPhone 16 Pro Max akan memiliki kapasitas baterai terbesar yakni 4676 mAh. Sedangkan iPhone 16 Plus akan menyertakan baterai 4.006 mAh, yang sedikit lebih kecil dari baterai pada iPhone 15 Plus.

Terakhir, iPhone 16 akan memiliki baterai 3.561 mAh sementara iPhone 16 Pro mengemas baterai 3.355 mAh yang lebih kecil, yang dapat membantu Apple membuatnya lebih tipis dan lebih ringan.

(brl/red)