Daftar kit pembersih murah yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi

Daftar kit pembersih murah yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi

Techno.id - Sebagai pengguna gadget, baik itu smartphone, tablet, atau komputer, kamu wajib memiliki tools kit pembersih. Tujuannya jelas untuk merawat gadget personal kamu agar tetap kinclong dan berfungsi dengan baik.

Gadget yang kamu gunakan hampir setiap hari tentu bakal mengikat kotoran atau debu, Nah jika dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama, kotoran atau debu tersebut bisa menjadi penyebab gadget kamu tidak berfungsi baik. Kotoran pada port charger misalnya, dapat menyebabkan masalah pengisian daya tidak optimal atau bahkan macet.

Sementara minyak dari bagian tubuh bisa menyebabkan tampilan layar ponsel kamu terlihat kusam dan menjadi penghalang layar. Tidak menutup kemungkinan, akan menjadi masalah ghosttouch atau layar sentuh macet.

Karena itu kamu wajib memiliki kit pembersih dan melakukan pembersihan gadget pribadi secara berkala dan teratur. Jangan berpikir kit pembersih ini harus dibeli dengan harga mahal. Berikut beberapa kit pembersih yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi.

1. Alkohol isopropil

Daftar kit pembersih murah yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi foto: freepik/user7350813

Alkohol isopropil adalah bahan ajaib karena dapat melarutkan segala macam kotoran, termasuk residu gula yang lengket, minyak dari tangan dan wajah, serta kotoran kering yang keras. Alkohol isopropil yang biasanya digunakan sebagai antiseptik untuk membersihkan luka juga sangat bagus untuk membersihkan dan mendisinfeksi smartphone, laptop, pengontrol game.

Sangat direkomendasikan menggunakan alkohol isopropil untuk membersihkan tombol yang lengket pada pengontrol game dan dapat membantu memperbaiki penyimpangan stick analog yang disebabkan penumpukan kotoran.

Usahakan kamu menggunakan alkohol isopropil 90% atau lebih tinggi saat membersihkan elektronik, karena varian bermutu rendah diencerkan dengan air yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menguap dan dapat meninggalkan lebih banyak residu.

Alkohol isopropil cepat menguap yang berarti kamu dapat menggunakannya secara bebas untuk menghilangkan residu yang tidak diinginkan tanpa harus khawatir menunggu lama hingga mengering. Bahan ini bisa menghilangkan kotoran di tempat yang sulit dijangkau.

2. Kain mikrofiber

Daftar kit pembersih murah yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi foto: freepik/bayurov

Kain mikrofiber yang lembut dan bebas serat wajib menjadi alat bantu pembersih untuk sebagian besar perangkat elektronik. Selama kainnya bersih, kamu dapat menghilangkan debu, kotoran, dan minyak tanpa menyebabkan goresan pada permukaan.

Basahi kain mikrofiber dengan air untuk menghilangkan kotoran yang lebih membandel dan kering, termasuk pada monitor komputer. Lanjutkan dengan kain mikrofiber kering dan gosok hingga hasil akhir bebas goresan. Memastikan kain bersih, itu penting karena kain kotor dapat membawa partikel yang akan menggores permukaan sensitif.

Kamu dapat membeli beberapa jenis kain mikrofiber. Yang lebih tebal sangat cocok untuk membersihkan debu, sedangkan yang lebih tipis seperti yang digunakan untuk membersihkan kacamata, lebih baik untuk menyeka permukaan reflektif. Yang penting adalah kamu membersihkannya secara teratur, baik dengan merendamnya dalam air hangat dan deterjen atau menggunakan mesin cuci.

Kamu bisa membeli kain mikrofiber murah dan memisahkannya berdasarkan tugas. Artinya, kain mikrofiber yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan jendela rumah dengan pembersih berbasis aseton jangan kemudian digunakan pada layar laptop. Ini bisa menjadi menjadi bencana. Beli kain mikrofiber dalam jumlah banyak, dan sering cuci atau ganti.

3. Sikat gigi berbulu lembut

Daftar kit pembersih murah yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi foto: freepik

Sikat gigi berbulu lembut sangat ideal untukmembersihkan tempat yang sulit dijangkau pada gadget tanpa menyebabkan kerusakan pada komponen sensitif apa pun. Bulunya lembut dan mudah bengkok, sehingga kamu dapat mengeluarkan serat dan debu tanpa menekuk kontak atau membuat lubang pada benda.

Gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkan port pengisian daya ponsel cerdas. Alat ini juga bagus untuk membersihkan kisi-kisi speaker dan mikrofon, seperti yang ditemukan pada earbud. Kisi-kisi ini sensitif mudah patah, tetapi penggunaan sikat gigi yang lembut dengan hati-hati dapat efektif tanpa menyebabkan kerusakan.

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengeluarkan debu dari ventilasi, membersihkan keyboard dan pengontrol game, dan dapat dikombinasikan dengan semprotan isopropil alkohol untuk membuatnya lebih efektif.

4. Cotton bud

Daftar kit pembersih murah yang wajib kamu miliki untuk membersihkan gadget pribadi foto: freepik/kukota

Cotton bud juga cukup penting sebab lembut namun keras dan memiliki daya serap. Dikombinasikan dengan setetes alkohol isopropil, alat ini sangat bagus untuk membersihkan kotoran dari sudut earbud dan keyboard, tepi port komputer, dan banyak lagi. Cotton buds cukup besar sehingga tidak selalu mendorong kotoran ke dalam apa pun yang kamu coba bersihkan. Kamu dapat mengeluarkan kotoran dengan gerakan berputar untuk hasil yang lebih baik. Kamu dapat membeli cotton bud dengan berbagai ukuran.

(brl/red)