Google bakal menyuntikkan beberapa fitur AI langsung ke Chromebook dan Chromebook Plus baru

Google bakal menyuntikkan beberapa fitur AI langsung ke Chromebook dan Chromebook Plus baru

Techno.id - Sejak memperkenalkan alat dan fitur AI baru di ajang tahunan konferensi pengembang, Google I/O awal Mei lalu, tampaknya Google tidak ingin setengah hati untuk urusan pengembangan AI. Terbukti, saat ini Google menyuntikkan beberapa AI langsung ke laptop Chromebook dan Chromebook Plus barunya.

Alat yang ditambahkan termasuk Google Gemini Advanced AI chat, Magic Editor untuk pengeditan foto, dan Dasbor Game (Game Dashboard) baru untuk merekam gameplay dan memetakan ulang kontrol. Ada juga pelacakan wajah dan gerakan, yang memungkinkan kontrol bebas genggam.

Google bakal menyuntikkan beberapa fitur AI langsung ke Chromebook dan Chromebook Plus baru foto: acer

Meskipun beberapa pembaruan fitur ini akan tersedia di Chromebook standar, semua opsi baru akan tersedia di model Chromebook Plus kelas atas yang biasanya dibanderol antara USD350 (sekitar Rp5,6 jutaan) dan USD700 (sekitar Rp11,2 jutaan). Google memperkenalkan kategori laptop Chromebook Plus pada Oktober 2023 untuk menjamin pengguna Chromebook mendapatkan serangkaian spesifikasi, kapabilitas, dan fitur tingkat dasar.

Laptop Chromebook Plus baru sekarang akan hadir dengan Google One AI Premium selama 12 bulan, yang mencakup Gemini Advanced, Gemini untuk Google Workspace, penyimpanan cloud 2TB, dan semua yang tersedia dalam paket Premium regular dengan USD20 atau sekitar Rp321 ribu per bulan.

Google baru-baru ini menggelar acara di New York untuk meluncurkan model Chromebook dan Chromebook Plus baru dari Acer, HP, dan Asus. Berikut adalah beberapa alat dan fitur AI Chromebook yang paling menjanjikan.

(brl/red)