HMD luncurkan ponsel lipat Barbie untuk membangkitkan kembali nostalgia perangkat trendi era 1990-an

HMD luncurkan ponsel lipat Barbie untuk membangkitkan kembali nostalgia perangkat trendi era 1990-an

Techno.id -

HMD bermitra dengan Mattel resmi meluncurkan Barbie Phone. Perangkat jenis feature flip phone ini menawarkan fitur standard seperti menelepon, mengirim SMS, dan alarm, tetapi tidak ada kemampuan untuk media sosial. Bukan tanpa alasan HMD meluncurkan perangkat ini.

Menurut HMD, fitur yang terbatas ini untuk mendorong pengguna fokus pada interaksi dunia nyata dan mengurangi waktu layar. Artinya, ponsel ini dibuat untuk pengguna yang ingin detoksifikasi secara digital, sebuah tren yang berfokus pada pembatasan waktu layar.

Kurangnya aplikasi media sosial, streaming, dan game berarti pengguna tidak akan menghabiskan banyak waktu seperti kamu menggunakan ponsel cerdas. Karena kurangnya fitur modern menyebabkan ponsel ini hanya memiliki RAM 512 MB dan penyimpanan 4GB.

HMD luncurkan ponsel lipat Barbie untuk membangkitkan kembali nostalgia perangkat trendi era 1990-an foto: hmd

Ponsel yang mengusung desain flip retro dan keypad merah muda dengan desain tersembunyi yang menyala dalam gelap ini bakal mampu membangkitkan nostalgia ke era 1990-an hingga 2000-an. Di bagian dalamnya, perangkat ini seperti ponsel yang pernah tren 20 tahun lalu.

Perangkat baru ini pertama kali diumumkan di acara MWC pada Februari 2024. Ponsel ini hadir dalam kotak perhiasan, memiliki bagian depan cermin, penutup yang dapat diganti, tali telepon manik-manik, dan stiker Barbie vintage yang dapat kamu gunakan untuk menghias handset. Satu-satunya bagian yang terasa baru adalah kabel pengisi daya Pink USB-A ke USB Type-CTM yang disertakan dengan ponsel.

HMD luncurkan ponsel lipat Barbie untuk membangkitkan kembali nostalgia perangkat trendi era 1990-an

Saat kamu menyalakan telepon, maka akan disambut dengan Hai Barbie, dan kamu dapat memainkan game Malibu Snake bertema pantai. Kamu dapat melakukan panggilan, mengirim teks, dan menggunakan beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Kamu juga dapat menggunakan kamera 5MP untuk mengambil foto bergaya Y2K yang saat ini sedang tren di kalangan GenZ yang mencari inspirasi ke masa lalu.

Sebagai feature phone, perangkat ini tidak memiliki kemampuan untuk menambahkan aplikasi pihak ketiga. HMD dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa HMD Barbie akan tersedia di Amerika Serikat untuk pre-order mulai HMD.com pada 23 September, dengan pengiriman dimulai pada 1 Oktober. HMD pun belum mengumumkan apakah perangkat ini akan tersedia secara global, termasuk di Indonesia nantinya.

(brl/red)