iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya

Techno.id - Saat meluncurkan iPhone 16 Series, dari empat varian yang ada, iPhone 16 Plus dan iPhone 16 Pro Max cukup mendapat perhatian karena besarnya layar. Maklum, kedua iPhone ini masing-masing adalah pilihan yang lebih besar dari model yang ada. Berikut perbandingan antara iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max.

1. iPhone 16 Pro Max lebih besar

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya foto: apple

Meskipun iPhone 16 Plus dan iPhone 16 Pro Max masing-masing adalah pilihan yang lebih besar, iPhone 16 Pro Max memiliki layar yang lebih besar daripada model Plus, menjadikannya layar terbesar yang pernah ada di iPhone.

iPhone 16 Plus memiliki layar 6.7 inci, sedangkan layar iPhone 16 Pro Max adalah 6.9 inci. Meskipun bukan perbedaan besar, jika pengguna mencari iPhone terbesar, sangat mungkin akan memilih versi Pro Max.

Pilihan bahan dan warna juga bervariasi antara kedua model ini. iPhone 16 Plus terbuat dari aluminium, dengan bagian belakang kaca yang diresapi warna. Sebaliknya, iPhone 16 Pro Max terbuat dari titanium Grade 5, dengan bagian belakang kaca matte bertekstur.

Bangunan titanium membuat ponsel Pro Max lebih kokoh tetapi relatif ringan. Jika kamu adalah seseorang yang mencari build yang lebih premium, mungkin akan memilih iPhone 16 Pro Max.

Pilihan warna juga berbeda di antara keduanya. iPhone 16 Plus hadir dalam warna hitam, putih, merah muda, teal, dan ultramarine. Sementara warna lapisan titanium iPhone 16 Pro Max hadir dalam warna hitam, putih, alami, dan gurun (desert). Jika kamu lebih tertarik dengan warna yang cerah dan menarik, iPhone 16 Plus adalah pilihan yang tepat.

2. Layar iPhone 16 Pro Max lebih superior

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya foto: apple

Layar iPhone 16 Pro Max lebih besar dari yang ada di iPhone 16 Plus, dibuat lebih jelas dengan bezel yang lebih ramping. Kedua ponsel memiliki layar Super Retina XDR, ditambah Ceramic Shield yang lebih tangguh untuk melindunginya.

Meskipun keduanya menampilkan layar yang sangat baik dan cerah, iPhone 16 Pro Max memiliki beberapa peningkatan dibanding iPhone 16 Plus. Terutama, teknologi ProMotion pada Pro Max yang memungkinkan layar untuk menyegarkan hingga 120 kali per detik, dibandingkan 60 kali pada iPhone 16 Plus.

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya foto: apple

Ini menghasilkan nuansa yang lebih halus dan bersih baik saat menggesek layar beranda atau menggunakan situasi yang lebih intensif grafis seperti bermain game. Selain itu, iPhone 16 Plus tidak memiliki dukungan Always-On Display yang ditemukan pada model iPhone Pro.

Sementara pengguna iPhone berat yang mencari pengalaman pengguna yang unggul kemungkinan akan merasa ada sesuatu yang hilang tanpa ProMotion dan bezel yang lebih besar. Namun untuk pengguna rata-rata, layar spektakuler iPhone 16 Plus juga tidak akan terasa di bawah standar.

3. iPhone 16 Plus meningkatkan kamera tapi tidak ada telephoto

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya foto: apple

Kamera mendapat paling banyak perhatian dengan dirilisnya jajaran iPhone 16. Faktanya, salah satu fitur menonjol generasi ini adalah Camera Control yang baru. Tombol baru ini memberikan akses instan ke kamera, serta bertindak sebagai rana khusus, dan memungkinkan pengguna mengontrol pengaturan kamera dengan menggeser ke atas dan ke bawah pada sensor. Baik iPhone 16 Plus maupun iPhone 16 Pro Max hadir dengan fitur baru ini, serta Action Button yang diperkenalkan tahun lalu, yang sebelumnya hanya ada pada model Pro.

iPhone 16 Plus menggunakan sistem kamera ganda, menampilkan lensa Fusion 48MP baru serta Ultrawide 12MP, dengan rentang zoom optik enam kali lipat. Peningkatan kamera dari generasi sebelumnya memungkinkan model ini mengambil foto makro, serta foto dan video spasial, yang dikhususkan untuk dilihat di Apple Vision Pro. Kamera ini juga mendukung gaya fotografi yang ditingkatkan.

Sedangkan kamera pada iPhone 16 Pro Max merupakan peningkatan yang cukup signifikan dari model non-Pro. Tidak hanya menyertakan lensa telefoto ketiga, tetapi kamera Ultra Wide kedua adalah 48MP, dan sistem kamera mampu mencapai jangkauan zoom hingga 5x.

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya foto: freepik

Ini memungkinkan fotografi makro berkualitas lebih tinggi di iPhone 16 Pro Max. iPhone juga dapat memotret dalam Dolby Vision, dengan kualitas 4K hingga 120 fps. Ini adalah kualitas terbaik yang pernah ada di iPhone, dan dapat membuat video gerak lambat yang benar-benar sinematik.

Bagi seseorang yang mencari foto dan video terbaik mungkin akan memilih iPhone 16 Pro Max. Ini bukan untuk mengatakan bahwa sistem kamera iPhone 16 Plus buruk, karena kedua ponsel memiliki kamera utama 48MP dan dapat mengambil bidikan yang benar-benar luar biasa. Tetapi untuk yang terbaik dari yang terbaik dalam foto dan video iPhone, Pro Max lebih unggul.

4. Kedua iPhone memiliki daya tahan baterai yang tangguh

iPhone 16 Plus vs iPhone 16 Pro Max, ini perbedaan fitur, spesifikasi, dan harganya foto: apple

Memiliki ponsel yang lebih besar tidak hanya disertai dengan manfaat layar yang lebih besar, tetapi juga menyisakan lebih banyak ruang untuk baterai yang lebih besar. Sementara iPhone 16 dasar dinyatakan memiliki pemutaran video hingga 22 jam, baik iPhone 16 Plus dan iPhone 16 Pro Max menawarkan umur panjang baterai ke tingkat berikutnya.

Di iPhone 16 Plus, Apple menyatakan kamu dapat mengharapkan pemutaran video hingga 27 jam. Pada iPhone 16 Pro Max, angka ini naik hingga 33 jam. Ada banyak situasi di mana daya ekstra itu bisa sangat berguna, jadi jika masa pakai baterai menjadi perhatian besar, iPhone 16 Pro Max patut dipertimbangkan.

(brl/red)